(pada mulanya adalah KATA...)

Saturday, January 23, 2016

Pemerintah Sumbang 100 M untuk Rio Haryanto, Sisa 50 M, Siapa Menyusul?





Akhir pekan yang indah. Kabar gembira bagi pecinta Rio Haryanto. Harapan kita untuk menyaksikan pebalap 22 tahun itu berlaga di Formula One (F1) musim ini bakal terwujud. 

Perjuangan mendapat sokongan dana untuk melengkapi permintaan Manor Marussia sebesar 15 juta euro (Rp225 miliar) mendekati pemenuhan. Setidaknya sebagian besar dari kebutuhan tersebut sudah bisa teratasi setelah pemerintah, melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) siap menggelontorkan Rp 100 miliar. Kepastian bantuan pemerintah mengemuka menyusul penandatanganan kerja sama antara Sekretaris Jenderal KONI, E.F.Hamidy dengan perwakilan Kiki Sport, Indah Pennywaty yang tak lain adalah ibunda Rio pada Jumat, 22 Januari kemarin. 

Mengutip laman kemenpora.go.id tertulis, “Bantuan yang diberikan melalui KONI tersebut adalah sebesar Rp 100 milyar dan bersumber dari bantuan Kemenpora berdasarkan perjanjian kerjasama antara Kemenpora  dengan KONI No. PPK/Menpora/01/2016 tentang Fasilitasi Bantuan Dalam Akun Belanja Barang Non Operasional Lainnya Dalam Rangka Mendukung Keikut Sertaan Rio Haryanto Dalam Ajang Balap Internasional FIA Formula One (F-1) World Championship Musim Balapan Tahun 2016.” 

Bantuan ini merupakan bentuk pertanggung jawaban atas pernyataan dukungan yang telah ditandatangani Kementerian Pemuda dan Olahrga pada 11 November 2015 lalu. Dalam kejaran waktu sebelum tenggat pembayaran awal kepada pihak Manor yang semakin mendekat, pemerintah dengan daya upaya berhasil menggandeng BUMN dan BUMS untuk bahu membahu membantu Rio. Akhirnya, dana 100 miliar siap dikucurkan. 

"Kami sedang mengusahakan percepatan pencairan dana tersebut. Semoga minggu depan sudah beres karena uang tersebut memang sudah ditunggu tim tempat Rio bergabung," kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora seperti dilansir JUARA.Net, Sabtu (23/1). 

Tambahan 100 miliar dari pemerintah semakin melengkapi kebutuhan pria kelahiran Surakarta untuk berlaga di lintasan jet darat setelah sebelumnya PT Pertamina mengaku siap membantu 5,2 juta euro (Rp77.8 miliar). Dengan demikian Rio hanya membutuhkan tambahan kurang lebih Rp50 miliar untuk melengkapi total kebutuan yang diminta Manor. 

Siapa menyusul? 

Dalam perjanjian kerja sama antara KONI dan Kiky Sport disebutkan bahwa kekurangan dana akan menjadi tanggung jawab Kiky Sport. Namun demikian pintu selalu terbuka bagi para pihak yang berkehendak baik untuk membantu. 

Sikap suportif yang telah ditunjukkan pihak pemerintah dan sponsor utama, PT Pertamina hendaknya menular ke pihak-pihak lainnya mengingat ada banyak kemungkinan untuk mendapatkan sisa Rp50 miliar itu. 

Hitung-hitungan dana sebesar itu tak ada artinya jika berbagai komponen turut mengulurkan tangannya. BUMN dan BUMS yang belum ambil bagian bisa terlibat. Para pengusaha dan kaum berpunya di negeri ini yang jumlahnya tak sedikit bisa menyumbang sedikit dari kekayaan mereka. 

Para pejabat pemerintahan dan wakil rakyat pun bisa turut terlibat. Tak terkecuali, masyarakat luas dan kita para kompasianer. Ayo, siapa menyusul?

Dipublikasikan pertama kali di Kompasiana, 23 Januari 2016.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/charlesemanueldm/pemerintah-sumbang-100-m-untuk-rio-haryanto-sisa-50-m-siapa-menyusul_56a367fca423bd4f1446e6e0

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Video Bar

Loading...

Menanti The Minions Sempurnakan Predikat Pemain Terbaik 2017

Marcus dan Kevin menyabet penghargaan Pemain Putra Terbaik 2017/badmintonindonesia.org Patut diakui kebanggaan bulu tangkis Indonesia m...