(pada mulanya adalah KATA...)

Friday, January 4, 2019

Mau Nyaman Bermain Game Android tapi Minim Budget? ASUS ZenFone Max M2 Saja!

Ilustrasi permainan Angry Birds di Android/gambar dari 9to5google.com
Untuk apa membeli sebuah smartphone baru? Itulah pertanyaan yang kerap berkelebat di kepala saya ketika berencana membeli sebuah telepon pintar. Banyak alasan, tentu. Ketika smartphone saya satu-satunya kecopetan di sebuah angkutan umum, mau tidak mau saya perlu segera mendapatkan yang baru. Urusan akan berbeda, ketika dalam situasi seperti itu saya memiliki lebih dari satu handphone. Terlepas dari itu, mustahil hidup di zaman sekarang tanpa sebuah smartphone, bukan?

Bukan hanya urusan komunikasi, seperti namanya, perangkat yang satu ini sudah bisa menjembatani banyak kebutuhan dan menangkup aneka hasrat manusia. Mulai dari urusan komunikasi, menunjang pekerjaan sehari-hari, hingga urusan hiburan.
Mendengarkan musik, menikmati layanan video streaming, memainkan aneka game menarik, hingga bermain video game, untuk sekadar menyebutkan beberapa contoh hiburan yang bisa diberikan smartphone masa kini.
Smartphone seperti apa yang dibutuhkan untuk menangkup setiap keinginan tersebut? Bagi penyuka video game tentu memiliki pertimbangan tersendiri sebelum menjatuhkan pilihan.

Sudah bertahun-tahun saya menikmati video game, bahkan sejak ponsel belum secanggih sekarang. Bagi generasi X hingga sebagian generasi Y tentu masih ingat dengan Snake, Space Impact dan Bounce, beberapa permainan yang menjadi “bonus” di setiap ponsel lawas. Begitu juga dengan game semacam Angry Birds atau Fruit Ninja.
Ilustrasi game Fruit Ninja di android masa kini/gambar dari http://collider.com
Dengan kondisi ponsel saat itu, tidak sulit memang memainkan game-game tersebut. Situasi sudah jauh berbeda saat ini. Seiring berjalannya waktu, berkembang aneka video game dengan grafis dan mutu gameplay setara console atau PC. Untuk itu dituntut ponsel yang mumpuni. Nah, ponsel seperti apa yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas bermain game?

KERJA CEPAT, HASIL MAKSIMAL

Saya selalu mempertimbangkan sejumlah faktor sebelum mengambil keputusan. Pertama, chipset dan GPU. Chipset pada perangkat mobile sering disebut sebagai SoC atau System-on-aChip. Ini merupakan perangkat chip silicon yang mengandung aneka komponen.
Kehadiran SoC ini sangat vital untuk mendukung kinerja smartphone. Di dalamnya ada sebuah prosesor, pengolahan grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan.
SoC ini membuat sistem bekerja lebih optimal dan memakan daya lebih sedikit dibanding sistem CPU pada perangkat PC. Tentu bentuk dan ukurannya disesuaikan agar tidak mengganggu tampilan smarthone secara keseluruhan.

Sementara GPU atau General Processing Unit merupakan “engine” yang mengambil peran khusus untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game. Agar bermain game lebih nyaman tentu dibutuhkan chipset dan GPU yang memadai.

Kedua, RAM. Kependekan dari Random Access Memory ini berperan untuk mengakses memori secara acak dengan cepat. RAM juga disebut memori utama yang bisa berfungsi sebagai penyimpan data sementara saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan dalam harddisk.

Semakin besar kapasitas RAM tentu semakin banyak informasi bisa disimpan di dalamnya. Namun tidak hanya kapasitas, kecepatan RAM juga patut diperhitungkan. Kebanyakan smartphone keluaran terbaru sudah dibekali  RAM yang hemat daya dan berkapasitas besar.
Tampilan ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL/gambar dari Priceprice.com
Ketiga, baterai. Unsur yang satu ini sangat penting. Ibaratnya “napas hidup” setiap pengguna smartphone. Saat ini rerata baterai yang digunakan berjenis Lithium-Ion (Li-Ion) dan Lithium-Polymer (Li-Po). Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, hal penting yang harus diperhatikan adalah kapasitas. Semakin besar kapasitas tentu semakin bagus agar aktivitas bermain game bisa berlangsung lebih lama.

Keempat, media penyimpan internal. Apakah anda pernah melihat berapa besar ukuran game-game mutakhir? Banyak yang berukuran di bawah 1 GB namun tidak sedikit yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lapang.

Tengok saja Mortal Kombat X, Pro Evolution Soccer, hingga Dungeon Hunter 4 yang berukuran lebih dari 1 GB. Tentu untuk bisa memainkan game-game itu dibutuhkan media penyimpanan internal yang cukup, meski memungkinkan untuk sejumlah smartphone terkoneksi dengan penyimpanan eksternal.
Kaum pria pasti sudah tak asing lagi dengan game PES/http://androidgames.live
MINIM BUDGET TAPI SUPERIOR

Para pencinta video game yang memiliki “budget” minim tak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan smartphone idaman. Saat ini sudah hadir Asus Zenfone Max M2. Ponsel layar sentuh 6,26 inci dengan resolusi layar 720 x 1520 piksel dilengkapi sistem operasi Android v8.1 (Oreo).

Mari kita bicara lebih jauh tentang sistem operasi ini. Ini merupakan salah satu sistem operasi terbaru yang diluncurkan Google pada Agustus tahun lalu dengan banyak keunggulan. Sistem ini dapat mengatur aplikasi di-background dengan sangat baik sehingga memungkinkan daya baterai dapat digunakan secara efisien. Dengan demikian baterai bisa digunakan secara hemat.

Adanya fitur Background Limit ini membuat penggunaan daya pada aktivitas aplikasi di latar belakang bisa direduksi. Dengan demikian daya tahan baterai ponsel akan lebih lama dan akan mudah mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi baterai.

Kehadiran fitur Picture-in-picture (PIP) memungkinkan pengguna bisa menggunakan aplikasi lain sambil menonton video. Panel navigasi sangat fleksibel yang membuat kita bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur seperti pembesaran dan Select to Speak.
Gambar dari www.qualcomm.com
Singkatnya, sistem operasi ini sangat ringan untuk dan memungkinkan dalam bermain game lebih lama. Apalagi untuk Asus Zenfone Max M2 yang memiliki kapasitas baterai sangat memadai yakni 4000 mAh dengan jenis Li-Ion.
Ponsel ini didukung oleh prosesor 1.8GHz octa-core yang dibenamkan RAM 3 GB. Kehadiran CPU Octa-core, GPU Adreno 506, dan Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 membuat proses komputasi berjalan lancar.
Qualcomm Snapdragon 632 merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi namun hemat daya dan tidak panas. Qualcomm mengklaim kinerja CPU pada Snapdragon 632 meningkat 40 persen dan kemampuan olah grafisnya meningkat 10 persen dibanding Snapdragon 626.

Snapdragon 632 tergolong high-tier Snapdragon 600 series yang mengutamakan efisiensi daya. Dengan arsitektur core Kyro, tepatnya Kyro 250 dengan GPU Adreno 506, memiliki teknologi 14mm dengan konfigurasi yang sama dengan Spandragon 660 dan 636 yakni empat core Cortex-A74 untuk performa dan empat code sisanya Cortex-A53 untuk efisiensi.
Ada hal menarik lain yang patut diangkat dari Adreno 506. Pemrosesan GPU dirancang untuk memberikan gambar yang kaya dan jelas ke perangkat seluler. Dengan demikian memungkinkan tampilan antarmuka game menjadi lancar yang bisa mengikuti setiap gerakan pengguna.
Asus ZenFone Max M2 memiliki Dual-SIM dengan pilihan konektivitas termasuk Wi-Fi, GPS, Bluetooth, USB OTG, Micro-USB, FM, 3G dan 4G. Sensor pada ponsel termasuk Face unlock, Sensor sidik jari, Sensor jarak, Accelerometer, Sensor cahaya sekitar, dan Giroskop.
Gambar dari www.gwigwi.com.
Tidak hanya memungkinkan untuk bermain game, kehadiran kamera utama 13 MP dan 2 MP untuk kamera belakang, siap menemani aktivitas selfie atau wefie di sela-sela bermain game. Ponsel ini juga dibekali penyimpanan internal 32 GB dan 64 GB, masing-masing untuk RAM 3 GB dan 4 GB, dengan opsi untuk menambah memori hingga 512 GB.

Akhirnya, para pencinta game android tak perlu galau. Anda yang memiliki budget minim pun memungkinkan untuk bermain game kekinian secara mudah dan menyenangkan pada ponsel gahar dengan performa superior. Berapa ongkos yang harus dikeluarkan untuk ponsel yang satu ini? Cek di tabel di bawah ini, kawan!

Ringkasan ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL dari gadgets.ndtv.com:
UMUM

Rilis
Desember 2018
Layar
Sentuh
Dimensi (mm)
158,41 x 76,28 x 7,70
Berat (g)
160,00
Kapasitas baterai (mAh)
4000
Warna
Hitam, biru
TAMPILAN

Ukuran layar (Inci)
6.26
Resolusi
720x1520 piksel

Rasio aspek
19:9
PERANGKAT KERAS

Prosesor
1.8GHz octa-core
Chipset
Qualcomm Snapdragon 632
RAM
3 GB/4 GB
Penyimpanan internal
32GB/64 GB
Penyimpanan yang dapat diperluas
Ya hingga 512 GB
Jenis penyimpanan
microSD yang dapat diperluas
KAMERA

Kamera belakang
13 MP + 2 MP
Kamera depan
8 MP
LED flash
Ya
PERANGKAT LUNAK

Sistem operasi
Android 8.1 Oreo
CPU

Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPU
Adreno 506
KONEKTIVITAS

Wi-Fi
Ya
GPS
Ya
Bluetooth
Ya, v 4.20
USB
microUSB 2.0, USB On-The-Go
Mikro-USB
Ya
Headphone
3.5mm
FM
Ya
Jumlah SIM
2
GSM / CDMA GSM
Ya
3G
Ya
4G / LTE
Ya
SENSOR

Buka kunci wajah
Ya
Sensor sidik jari
Ya
Kompas / Magnetometer
Ya
Sensor jarak
Ya
Akselerometer
Ya
Sensor cahaya sekitar
Ya
Giroskop
Ya
HARGA
Rp 2.249.000,00 hingga Rp 2.875.000,00


Post a Comment

97 comments:

  1. Buar para gamers, hape ini menjadi andalan banget nih.. kini main games semakin nyaman dengan ASUS ZenFone Max M2, spesifikati tinggi namun harga tetap terjangkau.. best seller phone untuk para gamers!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, ini jadi alternatif bagi para pencinta game android..dengan harga pas-pasan bisa dapatkan ponsel dengan prosesor dan sistem operasi yang gahar

      Delete
  2. Ganers sejati ngga boleh sampe telat buat memilikinya. Maen game semakin nyata dan puas tanpa khawtir ngelag atau kehabisan batere. semua aman terkendali dengan hape ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mas,,, dengan teknologi terbaru yang memungkinkan daya dipakai seefektif mungkin. Apalagi untuk ASUS jenis ini yang memiliki kapasitas beterai yang lebih dari cukup

      Delete
  3. Wah..kayanya HP Asusku harus ganti yang seri ini nih, biar main gamesnya makin asyik 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata pakai ASUS juga ya? BTW, yang seri berapa? Kalau memang mau update ke seri terbaru, ASUS Zenfone Max ini bisa jadi alternatif

      Delete
  4. Satu kan yang bikin bete kalau lagi main game, batere yang cepat habis hahaha tapi Hp ini di klaim cukup mengakomodir ya kebutuhan ngegames. Saya incar ini lho hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau persoalan baterai, hp ini bisa menjadi solusi..silahkan mba dapatkan produk terbaru dari ASUS ini...

      Delete
  5. Puas banget ni maen games pake handphone ini , ga perlu khawatir abis batere. Buat selfie ni yg penting hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba...para gamers tak bakal kecewa deh

      Delete
  6. Waaah Asus ZenFone Max M2 ini emang keren, saya juga naksir bangat, spesifikasinya emang "gila" sih, selain cocok untuk bermain games, saya naksir handphone ini untuk buat video dan foto-foto karena kameranya keren nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mas, selain baterai, prosesor dan sistem operasi, serta RAM yang gahar..kameranya juga emang bagus mas..bosen main game bisa selfie2 atau wefiean..

      Delete
  7. Wah ga sampe 3jt. Spec nya ok ba get. Bisa nih beli hp khusus ngegame. Ngg turun aah harganya.*ketauan banget meditnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harga segitu dengan spek seperti ini recommend banget buat gamers..

      Delete
  8. Baterainya keren ya 4000mah bisa main games tanpa ngeri cepet lowbat.
    Tapi aku naksir karna penyimpanan memorynya yang bisa muat banyak, 32 GB bisa nampung banyak file.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba dengan harga seperti itu, spesifikasi yang ditawarkan ASUS ini emang lebih dari cukup sih

      Delete
  9. Jadi sadar sekarang sudah masuk era spesifikasi nge game hape minimal RAM 4GB batere 4000Mah. hahahaha. Mengingat update an patch game hingga ukuran dasar aplikasi yang semakin lama semakin membengkak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas agar bisa game dengan lancar dan nyaman dibutuhkan sedikitnya RAM dan baterai yang mumpuni sih

      Delete
  10. Spesifikasinya pas, ukuran layar juga pas. Cukup sih buat game.

    ReplyDelete
  11. Aku naksir Asus Zenfone Max M2 karena spesifikasinya oke. Kadang juga kita main game dan gemes banget kalau batre cepat habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba dengan Asus Zenfone M2 gak perlu khawatir saat bermain game..

      Delete
  12. Dengan harga gak nyampe 3 juta untuk varian tertinggi, rasanya smartphone ini layak menggantikan rata-rata smartphone mid-range di harga segitu yang masih pake Snapdrgon 625.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang..makanya direkomendasikan untuk para gamers nih

      Delete
  13. Aku mau smartphone ini. Bukan cuma karena main game sih, kameranya juga kan bagus. Ngiler dari dia diluncurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mba, spesifikasinya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal..segera mampir ke toko2 terdekat ya hehe

      Delete
  14. Suka banget main game, tapi cuma bisa berhenti di game jewelry atau zuma hahahahaha jadulnyaaa. Sebab game yang sekarang-sekarang ini seru tapi smartphone gak kuaaat sama memory. Harus punya Asus ZenFone Max M2 dulu baru bisa puas main. RAMnya aja 3GB, gak kuatir lemooot. Thanks reviewnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih setia ya sama game-game legendaris itu..saatnya beralih untuk nyoba keseruan game-game baru mba..apalagi kalau pakai Asus ZenFone Max M2 akan lebih mantap

      Delete
  15. Asus seri ini ramah sekali utk pengguna game ya. Recomended deh utk para gamers.

    ReplyDelete
  16. Layarnya gede nih, buat aku yang mata minus aku suka layar gede. Termasuk jari2 gede ini bisa mencegah typo kalo layarnya gede. Hahaha.. Untuk kualitas sekeren ini, harganya make sense lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layarnya lumayan besar dan resolusinya tinggi kok jadi pas bagi yang bermasalah dengan penglihatan

      Delete
  17. Eny juga pengguna Asus loh �� emang hpnya mantap apalagi main game hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah udah ada testimoni nih jadi memperjelas ya kualitasnnya hehe

      Delete
  18. Bagi pemain game... aplikasi yang mendukung adalah sebuah keharusan... Asus seri ini ketje banget...

    ReplyDelete
  19. Speknya lumayan juga ya mas buat main game. Harganya juga termasuk ramah kantong. Aku kalau punya hape kyk gtu mungkin lbh banyak ambil video ketimbang main game hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh loh kombinasikan video dan game kan penyimpanannya lumayan besar hehe

      Delete
  20. Lah murah ya, gak sampe 3 juta, dgn spesifikasi yg mumpuni. Kameranya juga ciamik

    Semoga menang lombanya yaaaa...
    Dapat 1 dari 20 hapeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bener speknya mantap kok..makasih dukungannya ya

      Delete
  21. Whaaattt??
    Up to 2 TB?

    Keren beuud...
    Gak kebayang punya memori segitu gedenya, aku bisa nyimpen berapa judul drama Kowea yaa...
    Asiik...asik~

    ReplyDelete
  22. Speknya luar biasa bangeet.. pantesan aja adik ipar kebelet banget pengen hape yang satu ini, buat main game katanya. Sempet nyari hape ini secara offline tapi kehabisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang asus baru ngeluarin dua seri yang jenis ini dan yang pro tapi speknya gak jauh beda..pastinya cocok buat gamers sih

      Delete
  23. aku punya yang max pro m1, keren bingiiit
    jadi pengen yang ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah pernah makai Asus keluaran belakangan ini tentu udah merasakan langsung bagaimana bagusnya ya mba pastinya akan lebih baik dari seri-seri terdahulu

      Delete
  24. Modelnya elegan ya, angin segar nih buat para gamers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mba..monggo menangkap dan merasakan angin segar itu hehe

      Delete
  25. MEndalam banget kriteria pemilihan HPnya sementara kebanyakan orang Indonesia nyari performa kamera yang andal. Makanya kalo nyari HP sekarang, yang lebih dulu dipromosiin sama mas dan mbak salesnya adalah kamera, sampe saya gemas sendiri hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener itu kenyataannya emang kita harus kritis dan tahu tujuan kita memiliki hape itu apa

      Delete
  26. Adik aku suka banget main game, pass lagii cariii hp gamming. Yuhuuu makasiiiu buat reviewnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. segerakan mas soalnya banyak yang memburu hp ini juga

      Delete
  27. Buat main games aja..tahan banget peforma nya ya..
    Apalagi cuma buat foto n ngeblog...pasti kece banget..

    Jadi pengen punya heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disegerakan mba semoga bisa lebih leluasa bermain game ya

      Delete
  28. Para gamers pasti lonjak-lonjak kegirangan punya mainan baru ya. Melihat cameranya, ponsel ini pasti kece banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes betul mba ini paling dicari spek bagus dengan harga terjangkau

      Delete
  29. Anakku yang SMP dah ribut aja mau ganti HPnya dengan ASUS Zenfone Max M2..dia intip speknya pas buat dia yang gamer,mau buka celengannya tuh. Kwkwk
    Hmm aku kepoin di artikel ini memang iya sih ..keren bangets

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw terbukti kan mba spesifikasi dan harganya benar-benar menggoda

      Delete
  30. Baterai salah satu yg saya pertimbangkan ketika mau beli ponsel. Kalau ada yg cocok apalagi harga terjangkau, senang banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai mumpuni aktivitas apa aja pasti lancar termasuk bermain game

      Delete
  31. Speknyaa tinggi tapi harganya terjangkau, series ASUS yang ini cocok banget buat gamers. Nabung aaah ganti hape ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa terwujud ya mba untuk memiliki ASUS yang mumpuni dengan harga yang ramah di kantong

      Delete
  32. Ini anti ngelag bngt dong kak, klo saya punya pasti keranjingan bngt main ML ini wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok kok buat game ML dengan spek kayak gini monggo mba dibeli dibeli wkwkw

      Delete
  33. Pasti puas banged niy kalau main games pake hp ini. Harganya masih terjangkau tapi kualitasnya oke ya Mas. Jadii hadirnya Asus ZenFone Max M2 buat para pecinta gamers harus masuk list niyy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes bener mba dengan harga terjangkau tapi bisa dapatkan pengalaman ngegame yang asyik

      Delete
  34. Wadaaauuu 12 TB puas pasti yg jadi gamers..kalo aja alm adik ipar msh hidup pasti beli dia

    ReplyDelete
  35. wah asyik..ngegame bakal puas banget nih..baterainya juga tahan lama pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk baterai jangan diragukan lagi pasti mendukung kita untuk bermain lebih lama

      Delete
  36. Dengan RAM 4 GB dan Batre 4000 mAh puas banget lah ya mainan gamenya. Layar juga jernih kece!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess resolusi layarnya akan menghasilkan gambar yang jernih dan terang banget kok

      Delete
  37. Cakep ulasannya, jadi tertarik ligat spek Dan kemampuannya. Harganya pun lumayan terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bunca harga terjangkau untuk spesifikasi yang mumpuni..makasih Buncha

      Delete
  38. pantesan anaku yg suka ngegame pilih hp asus. ternyata ini alasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess mba ASUS harga terjangkau tetapi memberikan kepuasan tersendiri...

      Delete
  39. untuk harga segitu lumayan banget yaa spesifikasinya
    beneran tuh bs die xtend smp 512 yaaa
    bisa puas banegt isi segala macam di hp nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan harga segitu tetapi bisa dapatkan spek yang mumpuni..pasti memuaskan

      Delete
  40. Smartphone ini idola banget. Udah kapasitas baterainya gede, memory-nya kece, jago nge-game pula. Pantesan deh banyak yang jatuh cinta sejak launching hari pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ini salah satu hp idaman aku dan banyak orang yang ingin mendapatkan spesifikasi yang mumpuni tetapi dengan harga terjangkau

      Delete
  41. Wah, harganya gak sampai 3 juta. Tetapi, spesifikasinya bikin tertarik. Apalagi asik buat nge-game :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus selalu berupaya untuk menyajikan teknologi terbaik tetapi tidak membuat kantong bolong hehe

      Delete
  42. Fiturnya cocok buat suami saya. Nyesel kemarin keburu beli ponsel baru, padahal andai baca review ini dulu bisa lebih hemat. Gak sampai 3 juta gitu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry terlambat memberikan informasi ini semoga bisa mendapatkan jalan untuk memiliki hp idaman ini ya

      Delete
  43. aduuh rasanya mau ganti hp jadi asus. harganya terjangkau dengan kualitas oke banget.. harus nabung dulu

    ReplyDelete
  44. Kayaknya adikku dan suami harus dikasih hape Asus nih, doyan banget main gamenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh mba sangat direkomendasikan untuk para gamers

      Delete
  45. Duh kangen euy main game di hp. Udah setahun belakangan ini saya gak install game di hp, soalnya gak puas juga mainnya..sering nyangkut-nyangkut gitu. Spesifikasi hp saya gak mendukung sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saatnya "move on" ke hp ini mba biar aktivitas nge-game lancar jaya

      Delete
  46. Kini makin banyak ya bermunculan smartphone gaming. Jadi teringat dulu zaman SMP saya pakai handphone ganing Ngage tp skrg udah punah sepertinya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar dari waktu ke waktu berkembang terus ya jenis game yang dihadirkan..sekarang udah makin mutakhir..tentu perlu didukung dengan hp yang mumpuni

      Delete
  47. buat gamers sih cocok banget, speknya bagus harga juga terjangkau lah yah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar para gamers android hp ini sangat dianjurkan mba....

      Delete
  48. mantaaap.
    Ume salah satu pecinta game di mana pun. Hahah dan sekarang sedang menggemari PUBG. Lol
    Ini Hp murah amat dan spec nya juga ok punya

    ReplyDelete
  49. Smartphone perfomra tinggi cocok buat sehari-hari untuk mendukung pekrjaan sama untuk gaming,
    revoew yang sangat jelas mas.
    Slam kneal :)

    ReplyDelete
  50. Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
    yuk join dengan kami
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    cs online 1x24 jam
    BBM : areatoto
    LINE : areatoto
    WA : [+855]964630067
    hanya di WWWoAREATOTOoPRO

    ReplyDelete

Jangan Mudah Percaya, Pastikan Selalu Konsumsi Air Minum dalam Kemasan yang Terpercaya

Ilustrasi dari www.danone.com Air merupakan senyawa penting bagi semua makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Bukan rahasia lagi, kebu...