(pada mulanya adalah KATA...)

Thursday, January 17, 2019

Asus ZenBook 13, 14, dan 15: Perpaduan Apik Seni dan Teknologi Mutakhir

Peluncuran varian terbaru Asus ZenBook/foto www.tek.id
Laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan masa kini. Nyaris tidak ada aktivitas yang tidak membutuhkan perangkat yang satu ini. Bila sebelumnya komputer desktop menjadi segala-galanya, kini model komputer bergerak yang bisa dijinjing-lah yang dicari-cari.

Seiring berjalannya waktu, aneka model dan varian laptop pun bermunculan. Kehadirannya tidak lain dan tidak bukan untuk menangkup kebutuhan dan aktivitas pengguna. Karena itu laptop terbaiklah yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pertanyaan kini, laptop seperti apa yang dibutuhkan saat ini? Sudah belasan tahun, sejak saya menamatkan pendidikan Sekolah Dasar (SD), saya berkenalan dengan laptop. Namun belum ada laptop yang benar-benar menggelitik dan menggugah rasa penasaran untuk ingin mendapatkannya walau seberapa mahal harganya.

Bisa jadi ada laptop terbaik di setiap masa. Laiknya teknologi, ia selalu berkembang dan berinovasi. Dari waktu ke waktu keinginan dan tuntutan kebutuhan membuat para pengguna selalu mencari-cari laptop yang benar-benar ringan namun memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tidak hanya itu, daya tahan baterai yang bisa lebih lama serta dimensinya yang makin ringkas untuk mendukung kebutuhan sehari-hari.

Bisa dibayangkan bagaimana susah dan repotnya membawa laptop yang berat. Belum lagi ukurannya yang kurang ramah di tas dan kurang elegan saat dijinjing. Ditambah lagi, sistem operasi yang ketinggalan zaman sehingga membuat pekerjaan menjadi lambat. Saat terjadi “kecelakaan” ia bisa dengan mudahnya hancur berantakan.

Seperti namanya, laptop jinjing, sejatinya memang harus benar-benar mudah dan nyaman dibawa. Sekalipun bisa dibawa ke mana-mana, para pengguna pun tidak terlalu dihantui kekhawatiran karena kurangnya perlindungan pada perangkat tersebut. Dalam situasi tertentu yang menuntut kecepatan, kita bisa dengan leluasa membuka dengan tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. Itulah laptop masa kini yang dibutuhkan, dan tentu sedang anda cari, bukan?

Nah, rasa penasaran dan pencarian itu pun kini sudah dipenuhi Asus. Tidak ada seorang pun yang tidak mengenal perusahaan terdepat asal Taiwan yang sudah berusia tiga dekade. Berdiri pada 1989, Asus berada di garda terdepan sebagai perusahaan teknologi terkemuka. Hingga era digital saat ini, Asus selalu berinovasi dengan menghadirkan produk-produk terbaik.
Asus sudah berdiri selama 30 tahun/foto dokpri peluncuran Asus
Seakan tidak pernah berhenti, Asus pun kembali menghadirkan produk teranyar. Sebagai perusahan yang berkomitmen kuat terhadap inovasi dan kualitas, Asus menghadirkan tiga varian laptop sekaligus. Sekali lagi, tiga varian!

Sebagai perusahaan yang merintis berbagai inovasi, tren, dan teknologi baru, ketiga varian ini pun hadir dengan banyak kebaruan yang ditujukkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Saya bersyukur mendapat kesempatan istimewa untuk melihat dari dekat ketiga varian tersebut sebelum dipasarkan secara luas di Indonesia. Acara peluncuran pada Kamis, 17 Januari 2019 di salah satu hotel berbintang di Jakarta, menjadi titik mula perkenalan saya secara lebih intensif dengan tiga produk anyar ini.

Pertanyaan berikutnya, seperti apa penampilan ketiga laptop itu? Lebih jauh, apa keunggulan ketiganya dibandingkan keluaran sebelumnya atau produk sejenis lainnya?

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh, saya pastikan tiga varian ini benar-benar inovatif! Banyak kebaruan dan keunggulan yang belum dijumpai sebelumnya, kawan!

Pertama-tama, perkenalkan tiga varian terbaru yang masing-masing diberi nama Asus ZenBook UX333, UX433, dan UX533. Sudah barang tentu ketiganya menggantikan lini sebelumnya. Seri UX333 adalah pengganti UX330. Sementara UX433 adalah penerus UX430. Bila sebelumnya kita mengenal UX530, maka kini saatnya kita “move on” ke UX553.
Laptop tipis, elegan, dan tangguh/dokpri
Nah bila anda sudah mengenal lini produk sebelumnya maka akan bisa didapatkan perbedaan paling mencolok dari ketiga laptop ini. Ya, ukuran layarnnya. UX333 berukuran 13 inci, UX433 berukuran 14 inci sementara UX533 memiliki layar 15 inci.

Super-tipis dan ringan
Direktur Asus Regional Asia Tenggara, Jimmy Lin, saat berbicara di acara peluncuran mengaku tiga varian terbaru yang diluncurkan merupakan laptop paling tipis di dunia di kelas layar 13, 14 dan 15 inci. Saat pertama kali melihat tampilannya, saya hampir tak percaya. Bagaimana sebuah perangkat elektronik mutakhir bisa setipis itu.

Dengan mata kepala sendiri dipertontonkan kepada para undangan isi dalam produk anyar tersebut. Di sebuah dinding putih dipajang baterai, kipas, ergolift, speaker, kamera, hingga motherboard. Fitur-fitur itu dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sangat padat. Ruang dibuat seminimal mungkin dengan tanpa mengurangi kecanggihan teknologi yang digunakan.
Motherboard seukuran tiga buah kartu atm/foto dokpri acara peluncuran
Bila kita mau membandingkan dengan MacBook Air 13 inci milik Apple, Asus Zenbook 13 memiliki ukuran lebih tipis. Tidak hanya itu, beratnya pun lebih ringan. Bila MacBook Air 13 inci memiliki berat 1,23 kilogram, berat Asus Zenbook 13 hanya 1,19 kilogram.

Varian baru Asus ini memiliki layar yang cukup lapang dengan bezel yang sangat tipis. Hal ini tidak lepas dari screen to body ratio atau rasio layar dengan bodi yang mencapai 95 persen. Angka ini jauh di atas kebanyakan laptop dengan bezel tipis lainnya yang berada di kisaran 88 persen.
Perbandingan screen to body ratio yang sangat mencolok dengan para kompetitor
Bila kita memperhatikan jejak bezel di sekitar layar maka akan terlihat tampilan yang sangat ramping. Kehadiran bezel NanoEdge yang ramping di sekitar layar. Bezel lateral hanya berukuran 2,3 milimeter, dengan ukuran foread kecil 5,9 milimeter dan chin 3,3 milimeter.

Engsel ErgoLift dan sudut pandang kamera yang tepat
Bila kita membuka laptop ini maka kita akan mendapatkan posisi terbaik untuk mengetik. Hal ini tidak lepas dari penggunaan engsel ErgoLift yang secara otomatis akan memiringkan keyboard ke posisi mengetik paling nyaman. Dengan demikian pengguna akan mendapat pengalaman yang sama seperti saat menggunakan keyboard komputer desktop.
Model ergolift varian terbaru
Kehadiran teknologi mutakhir ini tidak hanya memberikan kenyamanan saat mengetik, tetapi serentak meningkatkan kinerja pendinginan dan audio. Secara teknis bisa dijelaskan lebih lanjut. Saat layar dibuka, keyboard akan terangkat sekitar 3 derajat. Pada saat itu akan tersedia ruang yang cukup pada bagian bawah bodi yang memungkinkan udara bisa lebih mudah terhisap ke sistem pendingin.

Tentu dengan layar yang begitu tipis susah untuk disematkan kamera yang mumpuni. Pernyataan ini hanya mitos untuk ASUS. Sekalipun layarnya memiliki bezel tipis, terdapat webcam IR yang terpasang di bagian atas. Hal ini sesuai dengan keinginan dari para pengguna yang menginginkan penempatan kamera pada bagian atas layar, tidak seperti kebanyakan laptop yang menempatkannya bagian bawah.

Kehadiran webcam pada posisi tersebut membuat sudut pandang lebih jelas terutama bagi para penerima video call. Kualitas kamera yang mumpuni membuat gambar menjadi jelas, berikut kemampuan untuk meredam suara-suara di sekitar. Ditambah lagi kehadiran webcam IR membuatnya sangat kompatibel dengan Windows Hello.

Keyboard futuristik
Apakah anda pernah membayangkan touchpad dan numberpad bersatu dalam satu perangkat laptop? Sebelumnya tentu tidak. Namun sat ini sudah menjadi kenyataan. Asus menghadirkan inovasi dengan menjadikan touchpad bergungsi ganda sebagai layar sentuh tambahan dengan fungsi angka alias numberpad. Touchpad khusus ini atau yang dinamakan screenpad ini ditemukan untuk varian Core i7 untuk UX333 dan UX433.
Keyboard futuristik dengan fungsi ganda/foto dokpri peluncuran
Penggunaannya pun sangat sederhana. Cukup dengan menekan simbol yang terdapat di pojok kanan atas touchpad, maka touchpad akan berubah menjadi Numberpad.

Menariknya, saat dalam modus numberpad, touchpad tetap bisa digunakan seperti biasa. Karena kecanggihan teknologi membuat perangkat mampu membedakan pergerakan jari antara menelusuri dan mengetuk.
Ergonomik keyboard yang nyaman digunakan/dokpri
Baterai tahan lama
Keunggulan dari varian baru Asus ini adalah baterai. Sekalipun berbodi ramping, baterai laptop ini memiliki daya tahan yang mumpuni. Para pengguna tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterai. Rerata ketiga perangkat tersebut bisa bertahan hingga 15 jam.

Penggunaan laptop ini bisa lebih dari separuh hari. Saat bekerja ataupun sedang dalam perjalanan para pengguna tidak dipusingkan dengan ancaman kehabisan daya. Begitu juga saat ketinggalan perangkat pengisi daya, pengguna masih memiliki cukup waktu untuk menggunakannya sebelum dayanya benar-benar habis.
Daya tahan baterai pada ZenBook 15 bisa sampai 16 jam/dokpri
Dapur pacu mumpuni
Bagaimana dengan dapur pacu? Tidak perlu khawatir, seperti terobosan pada bagian lainnya, Asus juga membekali prosesor generasi terbaru Intel untuk menghidupkan dan menggerakan dapur pacunya. Ketiga varian ini dilengkapi prosesor generasi kedelapan Intel i5 dan i7. Tepatnya, prosesor Intel Core i5-8265U atau Core i7-8565U sebagai otaknya
Proses generasi terbaru Intel/dokpri
Kapasitas RAM mulai dari 8 GB dengan pilihan memori internal SSD 256 dan 512 GB. Tidak sampai di situ. Asus juga membekali kemampuan olah grafis  NVIDIA MX150 untuk model UX333 dan UX433 serta NVIDIA GTX 1050. 

Sekalipun ramping, tersedia begitu banyak port untuk berbagai kepentingan. Kehadiran USB Type-A, USB Type-C, dan HDMI memungkinkan pengguna bisa menghubungkan laptop ini dengan berbagai perangkat. 
Banyaknya port yang memudahkan berbagai aktivitas/ASUS

Speaker Harman Kardon
Untuk mendukung audio yang optimal Asus membenamkan speaker mumpuni yang telah dirsertifikasi oleh spesialis audio yakni perusahaan peralatan audio rumah dan mobil kenamaan yakni Harman Kardon. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini memberikan sentuhan untuk memberikan kualitas suara terbaik untuk setiap konten.
Speaker dengan kualitas terbaik/dokpri
Tahan banting
Tentu serba kecanggihan tersebut membuat setiap pengguna harus berhati-hati. Jatuh atau tertimpa benda keras adalah hal-hal yang patut dihindari. Bagaimana bila “kecelakaan” itu terjadi karena unsur ketidaksengajaan?

Varian terbaru ini suda mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G atau lolos uji Military Grade. Bila lolos Military Grade artinya sudah teruji daya tahannya dalam berbagai kondisi. Tidak hanya cukup tahan banting, tetapi juga tetap bisa beroperasi dalam berbagai suhu dan iklim.

Nah sekadar informasi, berikut beberapa contoh metode pengujian standar military-grade MIL-STD 810G mulai dari uji ketinggian (altitude test), uji getaran (vibration test), uji kelembaban (humidity test), uji suhu (temperature test) hingga uji kejatuhan (drop test).

  • Test Method 500.6 Low Pressure (Altitude)
  • Test Method 501.6 High Temperature
  • Test Method 502.6 Low Temperature
  • Test Method 503.6 Temperature Shock
  • Test Method 504.2 Contamination by Fluids
  • Test Method 505.6 Solar Radiation (Sunshine)
  • Test Method 506.6 Rain
  • Test Method 507.6 Humidity
  • Test Method 508.7 Fungus
  • Test Method 509.6 Salt Fog
  • Test Method 510.6 Sand and Dust
  • Test Method 511.6 Explosive Atmosphere
  • Test Method 512.6 Immersion
  • Test Method 513.7 Acceleration
  • Test Method 514.7 Vibration
  • Test Method 515.7 Acoustic Noise
  • Test Method 516.7 Shock
  • Test Method 517.2 Pyroshock
  • Test Method 518.2 Acidic Atmosphere
  • Test Method 519.7 Gunfire Shock
  • Test Method 520.4 Temperature, Humidity, Vibration, and Altitude
  • Test Method 521.4 Icing/Freezing Rain
  • Test Method 522.2 Ballistic Shock
  • Test Method 523.4 Vibro-Acoustic/Temperature
  • Test Method 524.1 Freeze / Thaw
  • Test Method 525.1 Time Waveform Replication
  • Test Method 526.1 Rail Impact.
  • Test Method 527.1 Multi-Exciter
  • Test Method 528.1 Mechanical Vibrations of Shipboard Equipment
Nah, bila demikian sudah tak diragukan lagi kekokohannya, bukan?
Walau tipis tapi tahan banting/dokpri
Perpaduan teknologi dan seni
Bentuknya yang tipis dan ramping, dengan fitur-fitur mutakhir lainnya menjadikan laptop ini hadir dengan teknologi terkini. Tidak sampai di situ. Asus juga memperhatikan unsur seni yang kaya makna. Seperti disampaikan saat acara peluncuran, para peneliti dan pengembang Asus benar-benar memperhatikan desain setiap produk.

Ada empat tahap dalam desain mulai dari discover context, define scope, develop ways, hingga deliver value. Desain yang dihasilkan benar-benar berasal dari keinginan dan kebutuhan para pengguna hingga mengandung nilai-nilai tertentu.

Hal ini bisa dilihat dari tampilan secara keseluruhan. Kehadiran garis-garis diagonal melambangkan tiga unsur penting yakni keunggulan teknologi, menangkup aktivitas, dan mendukung setiap kreativitas.
Desain yang mengandung makna dan filosifi yang kuat/dokpri
Saat kita membuka layarnya akan terpampang nyata hamparan horizon yang mahaluas dengan garis batas yang elegan. Hal ini membuat penampakannya terlihat indah dan menawan.

Tidak hanya itu. Pilihan warna pun menarik.  Ada Royal Blue, Icicle Silver, dan Burgundy Red. Ketiga-tiganya sedap dipandang mata. Terlebih lagi keberanian untuk menghadirkan warna berbeda dari laptop umumnya yakni warna merah.

Warna ini membuat tampilan laptop itu keren. Ya, sesuai dengan semangat Asus untuk menghadirkan produk yang tidak hanya powerfull tetapi juga fashionable. Hal ini tidak lepas dari kerja sama Asus dengan desainer kondang tanah air yang sudah diakui karyanya selama 28 tahun yakni Sebastian Gunawan. Sebastian menghadirkan tas ekslusif ZenBook untuk melengkapi ultrabook premium ini.


Asus memberikan kesempatan kepada pembeli ZenBook terbaru untuk mendapatkan tas eksklusif dan limited edition Sebastian Gunawan. Kesempatan emas ini hanya berlaku selama satu bulan sejak 17 Januari hingga 17 Februari 2019. Informasi selengkapnya bisa cek di link ini.
Tiga varian warna yang elegan dan fashionable/dokpri
Nah, sebagai kesimpulan bisa dikatakan tiga varian ini memiliki banyak keunggulan. Asus tidak hanya menonjolkan power atau kekuatan teknologi, tetapi juga memberikan keseimbangan (balance) dengan menghadirkan nilai estetika atau keindahan (beuty). Sebuah perpaduan yang apik antara seni dan teknologi yang membuat harga menjadi nisbi.

So, berapa harga masing-masing varian, silahkan cek di tabel di bawah ini, kawan…

Spesifikasi utama
ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU
Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)
Sistem operasi
Windows 10 Home
Memori
Up to 16GB LPDDR3 RAM
Penyimpanan
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display (tampilan)
13,3” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX333)
14” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX433)
15,6” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX533)
Graphics (grafik)
Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)
Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)
Integrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output
1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Kamera
HD IR/RGB Combo Camera
Konektivitas
Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio
Sistem audio bersertifikasi Harman Kardon dengan teknologi surround-sound ASUS SonicMaster, mikrofon Array dengan dukungan pengenalan suara Cortana
Baterai
50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)
73WHrs 4-cell battery (UX533)
Dimensi
(WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)
(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)
(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)
Berat
1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)
1,67Kg with Battery (UX533)
Warna
Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Harga
Asus Zenbook 13 UX333 FA : Rp 15.299.000
Asus ZenBook 13 UX333 FN : Rp 18.299.000
Asus ZenBook 13 UX333 FN : Rp 22.999.000
Asus ZenBook 14 UX433 FA : Rp 15.299.000
Asus ZenBook 14 UX433 FN : Rp 18.299.000
Asus ZenBook 14 UX433 FN : Rp 22.999.000
Asus ZenBook 15 UX533 FN : Rp 26.999.000
Garansi
2 tahun garansi global



Post a Comment

42 comments:

  1. Laptopnya kereeen bangat ya Mas, Zenbook ini memiliki bobot yang ringan, tipis dan kokoh tapi memiliki kualitas yang premium. Saya jadi mupeng lihatnya.

    ReplyDelete
  2. Tiap lihat laptop Zenbook selalu bikin ngiler enteng, tipis, layar kinclong.. Laptop impian!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini emang ASUS menjadi yang terdepat dalam inovasi seperti itu

      Delete
  3. Laptop pertama aku asus dan masih awet sampai sekarang.. hehe seri jadul sih.. yang masih berat tp so far puas pakai asus.. zenbook ini ringan dan tipis banget ya.. spesifikasinya udah jangan ditanya deh.. laptop impian banget!.. masih nabung buat beli laptop baru hehe.. semoga tahun ini laptop baru aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kak ternyata pengguna setia Asus ya..semoga terwujud ya kak bisa pakai ZenBook..amin

      Delete
  4. Keren banget spesifikasinya. Warnanya juga elegan. Ada berapa varian warna tuh mas ?? Dengan bobot yg super tipis pasti fleksibel dan gampang dibawa kemana aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tiga varian warna, termasuk terobosan baru dengan pilihan warna merah tampak sangat modis

      Delete
  5. Dilihat dari semua spek keunggulannya, mulai dari kinerja, tipisnya body, luasnya layar dan tahan banting ..., laptop ini menarik dimiliki ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop impian masa kini mas cocok untuk semua kalangan

      Delete
  6. ASus Zenbook merupakan salah satu incaran saya sih, desain elegan dan fungsi dan kinerja yang mumpuni, memang cocok banget buat segala lapis masyarakat. Paling ya buat beli yang ideal harus nabung dulu beberapa waktu, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sih butuh usaha untuk bisa dapat yang bagus ya mas tapi kalau udah dapat yang bagus seperti Asus ini dijamin bakal puas deh

      Delete
  7. ASUS ini inovasinya berkelanjutan terus ya? Sepertinya paham akan kebutuhan konsumennya yang memerlukan upate fitur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Teh tim riset dan development mereka selalu bergerak untuk mendapatkan informasi dan mengetahui seperti apa tren kebutuhan dan keinginan masyarakat di setiap waktu

      Delete
  8. TAmpilannya menarik. desainnya keren dan futuristik. Tipis dan sepertinya nyaman buat dibawa bepergian. Seru banget kalau boleh punya satu nih hehehe. Punya siapa yang mau ditest duluan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dilaunching dan sepertinya belum banyak yang pakai ini kak hehe

      Delete
  9. pengen......aku nih dari tahun kemarin kayaknya belum jadi-jadi beli laptop, tahun ini mesti beli. Palagi ada yang bagus gini kan ya, suka

    ReplyDelete
  10. Gak berhenti-henti ASUS berinovasi. Entah itu handphone atau laptop, semakin hari semakin canggih dan enggak berhenti untuk ngecanggihin lagi, keren.

    Jadi pengen, nih, produk dari ASUS. Apalagi laptop yang ini, ukurannya tipis, ringan, hampir mirip macbook tetapi spesifikasinya mantap. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUS menjadi salah satu perusahaan terdepat dalam hal inovasi teknologi

      Delete
  11. Bagian positif dari laptop ini untukku ada pada keyboardnya yang bisa miring naik saat layarnya dibuka. Benar-benar membantu dari segi pendinginan juga dan memberikan pengalaman mengetik yang baik.

    Keren juga sih pas lihat touchpadnya yang bisa berubah jadi numberpad. Asyik sih. Semoga punya duit yang cukup untuk beli laptop ini kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keyboard itu menjadi salah satu aspek futuristik dari inovasi ASUS kali ini

      Delete
  12. Asus zenbook bikin mataku ijo. Selalu mampu buat aku tergoda dengan performa dan tampilannya. Hmm.. Mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang yang melihat produk anyar ini tidak bisa tidak tergoda sih hehe

      Delete
  13. Pengen banget punya laptop ringan dengan spesifikasi canggih kayak asus zenbook, soalnya kalau ngeblog pakai hape, lumayan pegel tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop ini cocok untuk siapa saja termasuk untuk para blogger dan penulis karena kenyamanan yang kurang sempurna di ponsel akan mendapatkan kesempurnaan saat menggunakan ZenBook

      Delete
  14. Aku ngiler banget sama laptop terbaru asus ini, karena ringan dan canggihnya juga. Selama ini aku malah bawa2 laptop karena berat. Sakit di pundak cuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin ke sini kita butuh laptop yang tidak hanya bagus dalam spesifikasi tetapi juga yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Tidak mudah memang kalau harus membawa laptop yang berbobot berat ke mana-mana

      Delete
  15. Woaaaah aku juga mau zenbook yang iniiii
    Aku baru tau wujud engsel erfoliftnya
    Juga baru tau number padnya
    Nyalanya cocol banget ya saat malam hari. Tampak mewaaah

    ReplyDelete
  16. Aku suka nih laptop yang tipis dan ringan, soalnya suka traveling bawa laptop, kan lumayan mengurangi beban.
    Canggih banget ya laptopnya, sampai ada keyboard futuristiknya jg gtu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat cocok untuk yang suka traveling karena enteng dan tahan banting

      Delete
  17. Tipis, ringan, speck mumpuni,...initermasuk laptop idaman buat blogger, bisa dibawa ke mana2 termasuk traveling. Sukses bikin kepengen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mba sangat pas untuk mendukung aktivitas kita sebagai blogger

      Delete
  18. Keren banget ya ASUS. Launching 3 varian laptop sekaligus, dan semuanya mumpuni. Eh plus estetik juga ya. Komplit deh ya jadinya. Pengen banget nih punya... Tapi kudu nabung berapa lama ya kalo aku yg beli? Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUS memang sangat inovatif dan penuh terobosan. Perusahaan asal Taiwan ini tahu bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap pengguna

      Delete
  19. Ergolift.. ini yang simpel tapi keren menurut gw dari asus zenbook. Gak perlu lagi bawa-bawa "tatakan laptop" plus kipas yang aga meninggi bagian belakangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas unggul itu salah satu dari banyak nilai lebih produk terbaru Asus ini..

      Delete
  20. Gilaa .Yg royal blue keren banget warnanya.
    Aku blm kesampaian nih pinya laptop tipis dan ringan kayak asus ,ringan bgt 1.19, aman deh Pundak aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiga varian warna yang diluncurkan sama menggodanya..selain biru, merah juga keren sangat cocok buat kaum hawa sih...

      Delete
  21. mupeeeng.. laptopnya tipis banget ampe bisa diangkat gituu

    ReplyDelete

Resolusi Punya Properti dan Sederet Alasan Mengapa Harus ke Indonesia Properti Expo 2019

Gambar dari http://jadwalevent.web.id Memiliki properti, entah rumah atau apartemen, adalah impian setiap orang. Tidak terkecuali saya...