(pada mulanya adalah KATA...)

Saturday, January 7, 2017

7 Alasan Toyota Hadirkan “Tujuh Hiburan” Terbaik untuk Indonesia


 Artis Sarwendah berpose di hadapan salah satu varian All New Sienta/@ToyotaID

Namanya Sienta yang berasal dari kata bahasa Spanyol “siete” (tujuh) dan “entertain”, kata bahasa Inggris yang berarti “hiburan”. Secara harafiah Sienta berarti “tujuh hiburan.” http://otomotif.kompas.com/read/2016/05/17/165036915/ini.arti.dari.nama.sienta  Nama ini dipilih Toyota untuk produk anyar berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang generasi keduanya baru saja meluncur di pasar Indonesia, setelah sebelumnya disambut antusias di Jepang.

Sama seperti generasi pertama yang khusus pasar Jepang, nama yang dipakai tetap sama namun dengan sejumlah perbedaan. Perbedaan itu tidak pada kualitas tetapi fitur dan ketinggian (ground clearing) mobil yang benar-benar disesuaikan dengan konsumen di Indonesia.

Setelah berjumpa pertama kali pada 27 November lalu di Summarecon Mall Bekasi, kesempatan kedua datang lagi pada akhir pekan 3 Desember lalu di The Plaza Flavor Bliss Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Dalam intensi yang sama yakni Kompasiana Coverage Sienta Pop Up Playground, namun berbeda dalam nuansa yang kali ini kental mode sehingga acara sejak sore hingga malam hari itu mengambil nama Kompasiana Coverage Sienta Pop Up Playground - Unlock Your Weekend Fashion Bazaar.

Mode-yang termanifestasi dalam peragaan busana oleh Lustig Designer dan Namirah The Label serta bazaar aneka produk pakaian, aksesoris dan kerajinan tangan-tidak sekadar pelengkap, tetapi memberi warna tersendiri pada All New Sienta yang juga tampil modis dengan desain yang stylish, modern dan futuristik. Persis seperti penampilan seluruh pengunjung bazaar hari itu, termasuk sejumlah selebritis tanah air seperti Sarwendah Tan, Alice Norin, Olivia Jensen, Aubrey Beer dan masih banyak lagi.

Para selebritis itu lalu lalang di arena bazaar dan dengan ramah melayani permintaan pengunjung untuk mengabadikan momen bersama Toyota Sienta Orange Metallic yang terparkir di dekat pintu masuk, serta Toyota Sienta Super White 2 yang berada persis di depan runway stage yang bersambung dengan panggung utama.

Seksi dan Pas di Mata
All New Sienta tidak hanya terbatas pada dua warna saja. Beberapa lainnya dapat dilihat di arena test drive yang terbuka untuk umum dengan hanya mensyaratkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Secara keseluruhan, All New Sienta hadir dalam empat tipe yakni E, G, V dan Q sebagai tipe tertinggi dengan 7 pilihan warna.
Warna-warna yang dipilih dipertimbangkan sesuai tingkat keberterimaan di mata masyarakat Indonesia. 

Sejumlah warna khas Toyota di Jepang seperti kuning, merah, biru, ungu dan pink tidak dipilih untuk masyarakat Indonesia. Sebagai gantinya ditampilkan Attitude Black Mica, Gray Metallic, Silver Metallic, Super White 2, Dark Brown Mica Metallic, Quartz Brown Metallic, dan Orange Metallic.  

Masyarakat Indonesia diberi kemudahan untuk memilih dari antara empat tipe dengan tujuh pilihan warna dengan dua transmisi yaitu manual dan automatic CVT dengan 7 percepatan.

Semua warna itu sedap dipandang, ditambah lagi desain bodi yang menarik. Grill berbentuk trapesium plus lampu LED dengan levelling menghiasi bagian depan. Ada goglamp berbentuk bulat dengan bumper depan dan menyatu dengan front grill.

Desain lampu depan terlihat kompleks namun futuristik. Pada tipe Q lampu depan dilengkapi teknologi Bi-Beam Projection lengkap dengan LED positioning lamp. Warna chrome  pada grill depan pada varian Q menambah kesan mewah. 

Tampilan belakang tak kalah menggoda. Lampu LED berbentuk horisontal bertengger di sana berpadu stoplamp berwarna merah melingkar di setiap sisi lampu.  Khusus pada tipe Q ada body kit bagian bawah, selain memberi kesan mewah juga membuat  siapa saja yang melihatnya terpesona sama seperti kesan Tantri Namirah yang hadir sore itu dengan lini busananya Namirah The Label.

“Bodi belakangnya seksi,”tegas wanita cantik yang pernah wara wiri di layar sinetron tanah air.

Canggih
Patut diketahui All New Sienta tidak datang utuh dari Jepang. Tak kurang dari 70 persen All New Sienta merupakan komponen lokal dengan mengakomodasi sekitar 130 supplier lokal baik untuk bahan eksterior maupun interior. Proses produksi sepenuhnya berlangsung di pabrik TMMIN Karawang Jawa Barat.

Kehadiran komponen lokal lebih dimaksudkan agar lebih sesuai dengan permintaan masyarakat Indonesia. Meski banyak sentuhan lokal tidak berarti berkualitas rendah. Seperti desainnya yang futuristik, Toyota juga memberikan sentuhan teknologi canggih. 

Hampir di semua sisi All New Sienta menghadirkan teknologi mutakhir. Mulai dari head lamp dengan LED Clearance lamp yang tidak membuat silau pengguna jalan dan Auto Leveling untuk mengatur gradasi cahaya sesuai kebutuhan pengemudi. 

Selanjutnya di bagian dalam dilengkapi teknologi Automatic AC with Digital Display, yang mana pendingin udara bekerja otomatis sesuai jumlah penumpang. Pengemudi dan penumpang pun dimanjakan dengan Touch screen audio system dengan layar 7 inch yang dapat dipakai untuk menjalankan mp3/usb/dvd/aux/ipod, dan dilengkapi sistem mirroring over wifi untuk internet browser, dan voice command.

Semua kecanggihan itu tidak membuat ribet pengemudi. Kehadiran new leather steering wheel with steering switch memungkinkan pengemudi mengontrol penuh volume suara, saluran radio, hingga lagu yang dikendalikan melalui sistem audio layar sentuh atau touch screen.

Selain itu ada pula teknologi terbaru untuk menjamin keamanan baik selama berkendara seperti sistem pengereman yang handal serta saat terparkir dengan  fitur central lock yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.
Keamanan terjamin di segala medan
Keamanan merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh setiap pembeli. Keamanan tersebut baik saat berkendara, maupun saat mobil berhenti. Medan jalan di Indonesia tidak semulus di Jepang dan negara-negara lainnya. Mudah ditemukan jalan berlubang, permukaan tidak rata, serta licin karena tumpahan material.

Toyota menghadirkan All New Sienta di Indonesia dengan ground clearance (jarak antara tanah dengan bagian bawah mobil) lebih tinggi sekitar 30 mm sebagai bentuk penyesuaian dengan kontur jalan di Indonesia. Saat berkendara pengemudi dan penumpang akan terjaga kenyamanannya.

Sebagai negara beriklim Tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi terutama pada bulan Oktober hingga April, front & rear disc brake (rem  cakram depan dan belakang) amat membantu.  Ancaman tergelincir bisa diminimalisir.

Bagi para penumpang kehadiran 3 points seatbelts & headrests memungkinkan setiap penumpang terkondisikan untuk berada dalam keadaan aman selama berkendara. Baik orang tua maupun bayi mendapat pengamanan yang memadai dengan sabuk pengaman.

Saat melintasi jalan tanjakan seperti di are Puncak, Bogor atau wilayah-wilayah lain di Indonesia tidak perlu panik. Ada Hill-Start Assist Control (HSA) yang akan mencegah mobil mundur saat sedang start di tanjakan. Saat tiba-tiba mobil berhenti di jalan mendaki, proses menghidupkan kembali mesin tidak terganggu dengan ancaman mundur karena saat melepas tuas rem HSA memberi jeda waktu kepada pengemudi untuk berpindah kaki ke pedal gas.

Demikianpun saat melintasi jalan lurus. Bila tiba-tiba kendaraan harus direm mendadak fitur Anti-Lock Brake System (ABS) akan mencegah roda terkunci sehingga mobil masih bisa diarahkan ke lajur yang aman.
Selain itu bila sedang menelikung dalam kecepatan tinggi kehadiran Vehicle Stability Control akan sangat membantu untuk menjaga keseimbangan mobil sehingga tidak terguling.

Bila tiba-tiba terjadi benturan keras pada mobil maka Dual SRS Aribags & Knee Air Bag akan segera mengembang untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi. Namun sebelum hal tak diinginkan itu terjadi ada sistem sensor dan Vehicle Stability Control (VSC) yang akan lebih dulu bekerja bila mobil tiba-tiba mengerah ke marka jalan.
Artis Olivia Jensen dan penampakan kabin All New Sienta yang lapang/@ToyotaID
Anti maling
Patut diakui Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Pencurian kendaraan masih menjadi momok menakutkan bagi setiap pemilik kendaraan. 

Bagaimana bisa menhindarkan All New Sienta dari ancaman tersebut? Toyota telah memperhitungkan bahaya tersebut dengan menghadirkan fitur keamanan berupa central lock. Perangkat ini memungkinkan pintu Sienta bisa dibuka sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Bila mengemudi seorang diri, saat mengaktifkan central lock maka bisa saja hanya pintu pengemudi yang terbuka sementara pintu-pintu lainnya tetap dalam posisi terkunci. Dengan demikian tidak membuka kesempatan kepada penjahat untuk beraksi dengan menyusup dari salah satu pintu.

Ramah anak
All New Sienta hadir dengan sliding door atau pintu geser. Pada tipe Q, V dan G beroperasi dual power sliding door. Sementara pada tipe terendah, tipe E, pintu geser beroperasi secara manual.

Keunggulan pintu geser ini membuat kita tak khawatir bila membawa anak-anak. Pasalnya pintu ini tidak akan menutup bila ada tangan yang menghalangi. 

Selain itu kehadiran pintu geser itu akan mempermudah keluar-masuk penumpang di tempat parkir yang sempit atau saat berhenti tiba-tiba di jalanan yang padat kendaraan. Mobilitas keluar-masuk akan berjalan lancar karena tidak membutuhkan banyak ruang seperti pada model pintu konvensional lainnya.

“Seven Seater “ dan Lapang Menampung Segala Kebutuhan
Sebagai kendaraan jenis MPV (Multi Purpose Vehicle), All New Sienta benar-benar menjawab kebutuhan tinggi masyarakat Indonesia akan kendaraan yang modis, canggih, namun multi guna. Banyaknya hari raya dan hari libur serta tradisi silaturahmi yang masih sangat kuat mendorong masyarakat untuk melengkapi diri dengan tunggangan yang bisa mengakomodasi banyak kebutuhan.

Dari segi tempat duduk, All New Sienta mampu menampung hingga tujuh penumpang (seven seater). Bisa dibayangkan saat hari raya atau hari libur tiba maka anggota keluarga bisa turut serta. Tak perlu khawatir bila menampung banyak anggota akan membuat gerah. 

Ada double-blower AC di bagian tengah dan belakang yang akan bekerja secara otomatis sejak saat mesin dinyalakan dan langsung menyesuaikan dengan jumlah penumpang.

Bila tidak sedang membawa banyak penumpang, kabin All New Sienta bisa dimodifikasi layaknya lemari untuk menampung aneka pakaian dan perlengkapan, atau kotak besar untuk memberi tempat kepada dua buah sepeda gunung.

Hal ini dimungkinkan oleh fitur dive-in seat yang menjadi keunggulan All New Sienta. Fitur ini tidak ada duanya karena itu menjadi kelebihan tersendiri All New Sienta  yang mana kursi di baris ketiga bisa dilipat ke bawah kursi baris kedua. Bagasi yang lapang bisa dimanfaatkan untuk aneka keperluan.

Tak hanya bagasi belakang yang bisa dibuat lebih lapang. Pada bagian pun bisa merasakan kelapangan itu karena ruang untuk kaki (leg room) yang memungkinkan kaki bisa diluruskan.

Kelebihan lain All New Sienta selain memanfaatkan kabin juga adanya lubang penyimpanan (utility) mulai dari botol air hingga uang logam yang tersedia mulai dari kabin depan, tengah, dan belakang.  Selain itu ada kompartemen khusus untuk menyimpan posel dan sandal yang terletak di samping bawah jok pengemudi.

Irit dan bertenaga
Bisa menampung banyak orang dan memuat banyak hal, siap melaju di segala medan, tertanyaan pamungkas adalah apakah All New Sienta memiliki modal tenaga untuk itu?

Tentu saja.All New Sienta dilengkapi mesin 4silinder in line, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.497 cc, dengan torsi maksimal 14.3/4.200 rpm itu. Tenaga tersebut lebih dari cukup untuk kebutuhan berkendara masyarakat Indonesia yang suka bepergian hingga ke medan lintasan yang berat.

Dengan tenaga yang mumpuni, All New Sienta tidak boros bahan bakar. Khusus tipe Q kehadiran CVT (Continous Variable Transmission) memungkinkan a 7 percepatan, menghindari hentakan dan suara saat perpindahan gigi sehingga perputaran mesin akan stabil. Dengan demikian bahan bakar akan lebih efisien.

Dengan menyiapkan budget mulai dari Rp230 juta hingga Rp295 juta maka segala kesempurnaan All New Sienta, Si “Tujuh Hiburan” itu menjadi milik Anda! Harga tersebut sebanding dengan segala kemewahan yang dihadirkan Toyota untuk Indonesia, bukan?

Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di Kompasiana,11 Desember 2016

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Video Bar

Loading...

Gelar Juara Duo Minions dan Pelajaran dari China Open 2017

Marcus/Kevin meraih gelar China SSP 2017. Gambar dari @Antoagustian Petuah klasik, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”  tampaknya ma...