(pada mulanya adalah KATA...)

Saturday, May 14, 2016

Sempat Ukir Rekor, Rio Haryanto Start dari Urutan Buncit di GP Spanyol

Mobil Rio Haryanto/INDOSPORT.com

Pebalap Indonesia dari Tim Manor Racing, Rio Haryanto akan menjalani sesi balapan di GP Spanyol di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (15/4) besok dari urutan buncit. Driver 23 tahun itu hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 25,939 detik untuk mengamankan posisi ke-22.

Rio hanya terpaut beberapa detik dari rekan setim  Pascal Wehrlein yang akan mengawali balapan dari urutan ke-21.

Catatan waktu ini boleh dibilang menjadi antiklimaks dari torehan positif Rio di sesi latihan bebas. Dengan sentuhan pakat baru pada tunggangan MRT05, pebalap asal Surakarta itu tampil meyakinkan di sesi latihan bebas. Ia dan rekan setimnya itu pun sukses menorehkan rekor pribadi.

Pada sesi latihan bebas kedua Rio sempat melesat ke urutan 19, setelah hanya berada di posisi ke-21 pada sesi latihan bebas pertama.

Bahkan  Rio mampu menorehkan hasil impresif saat melajut di trek lurus. Speed trap Rio di latihan bebas pertama berada di posisi keenam. Sementara di latihan bebas kedua meningkat ke posisi ke-3.
Kecepatan Rio di trek lurus pada sesi latihan bebas kedua melampau Juara Dunia Lewis Hamilton. Rio melaju dengan kecepatan 333,7 km/jam, sementara Hamilton dengan 333,5 km/jam berada di posisi keempat.

Rio bahkan sudah mengasapi Hamilton di trek lurus sejak di latihan bebas. Menempati posisi keenam, Rio sukses menggeber tunggangannya dengan kecepatan 334,6 km/jam. Sedangkan Hamilton hanya mampu mencapai kecepatan tertinggi pada titik 332,6 km/jam dan berada di urutan kesembilan.

Tak hanya Hamilton, di sesi latihan bebeas kedua, Rio pun lebih cepat dari pebalap Ferrari, Sebasian Vettel yang berada di tempat kelima dengan kecepatan 333,2 km/jam.

Saat melaju di trek lurus, kecepatan mobil Manor mampu bersaing dengan tim-tim unggulan lainnya. Bahkan Pascal mampu menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua dengan kecepatan 336,4 km/jam. Tak ayal melalui situs resminya Manor menyebut dua jagoannya itu melaju dengan kecepatan supersonic. Wow..
gambar dari @F1


"Di FP1 kami memakai mobil spesifikasi lama sebelum beralih ke paket baru untuk FP2. Paket bekerja cukup baik, meskipun ini baru awal dan kami perlu menyempurnakannya sedikit lagi, tapi sejauh ini saya senang," evaluasi Rio seperti dikutip dari Detik.com.

Namun  hasil impresif ini tak bertahan hingga sesi kualifikasi. Pada Q1 Rio mencatan putaran 1 menit 26,048 detik. Sayang memasuki menit-menit akhir Q1, para pebalap lain semakin meningkatkan kecepatan agar terhindar dari posisi enam terbawah yang berarti tersisih dari kualifikasi.

Walau berjuang mempertajam putaran menjadi 1 menit 25,939 detik, posisi Rio tetap tak beranjak naik dari urutan terakhir.

Juara bertahan Lewis Hamilton berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 22,00 detik dan berhak atas posisi terdepan. Jagoan Mercedes itu meraih pole position mengungguli rekan setim Nico Rosberg dengan catatan waktu 1 menit dan 22, 280 detik.

Duo Red Bull Racing, Daniel Ricciardo dan Max Vrstappen yang masing-masing mencatatkan waktu 1 menit dan 22,680 serta 1 menit 23,087 akan mengawali balapan dari baris kedua di posisi ketiga dan keempat.

Hasil kurang meyakinkan ditorehkan duo Ferrari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. Keduanya harus puas mengawali balapan dari posisi kelima dan keenam.

Melengkapi sepuluh besar adalah Valtteri Bottas (Williams), Sergio Perez (Force India), Fernando Alonso (McLaren) dan Carlos Sainz (Toro Rosso).

Akankah Hamilton mampu mengakhiri awal buruk musim ini? Mampukan Rio Haryanto mengukir hasil baik di sesi balapan?

Kita tunggu hingga pukul 14.00 waktu Spanyol atau pukul 19:00 WIB.

Hasil kualifikasi GP Spanyol:
Gambar dari @F1

Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di Kompasiana, 15 Mei 2016




No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Video Bar

Loading...

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Kembali ke Puncak Ranking Dunia

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Gambar: www.badmintonindonesia.org Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon kembali ke ben...