Indonesia Tanpa Ganda Putra di Perempatfinal India GPG 2016



Indonesia dipastikan tanpa ganda putra di babak perempatfinal India Grand Prix Gold 2016. Dua wakil tersisa gagal melewati hadangan lawan-lawannya termasuk saat bertemu pasangan non unggulan. 

Juara Malaysia Masters tahun ini, Gideon Markus Fenaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo sepertinya menemui titik balik. Tak seperti di Malaysia, ganda masa depan Indonesia ini menyarah di tangan unggulan delapan asal China Taipe Lee She Mu/Tsai Chia Hsin. Tak tanggung-tanggung, Markus/Kevin kalah dua set langsung 21-15 dan 21-15 dalam tempo 29 menit. 

Nasib serupa dialami oleh Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Sekalipun ditempatkan sebagai unggulan lima, Angga/Ricky tak kuasa membendung laju pasangan tuan rumah yang tak diunggulkan, Pranaav Jerry Chopra/Akshay Dewalkar. Seperti rekannya, Angga/Ricky juga kandas dua set langsung 21-13 dan 21-14 dalam waktu setengah jam. 

Kekalahan juga dialami ganda putri Anggia Shitta Awanda/Mahadewi Istirani Ni Ketut atas unggulan dua asal Korea Selatan Jung Kyun Eun/Shin Seung Chan, 21-14 dan 21-17. 

Dari sektor tunggal, dua pemain muda belum bisa berbicara banyak di turnamen ini. Tunggal putri Hana Ramadhini takluk di tangan unggulan dua asal Korea Sung Ji Hyun dengan skor 21-14 dan 21-10. Seperti Hana, tunggal putra Jonatan Christie pun keok. Sama-sama menghadapi pemain non unggulan asal Tiongkok Huang Yuxiang, Jonatan kalah setelah berjuang tiga set dalam tempo satu jam dengan skor akhr 21-18, 16-21 dan 21-15. 

Harapan 

Merah Putih masih memiliki harapan untuk menjaga peluang membawa pulang gelar ke tanah air. Ganda campuran unggulan delapan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani berhasil menumbangkan pasangan Thailand Sudket Prapakomol/Saralee Thoungthongkam dua set langsung 21-15 dan 21-17. 

Tunggal putri Maria Febe Kusumastuti juga melaju usai menumbangkan wakil Malaysia Iris Wang, 9-21 21-17 dan 21-17.

Harapan terakhir Indonesia ada pada ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto. Unggulan dua ini diharapkan bisa menjaga nama Indonesia untuk mengamankan satu gelar. Hingga berita ini diturunkan Praveen/Debby belum melakoni pertandingan menghadapi wakil tuan rumah non unggulan Arun Vishnu/Aparna Balan.

Keterangan gambar: Gideon Markus Fenaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo juara Malaysia Masters 2016 gagal lolos ke perempatfinal India GPG 2016 (gambar badmintonindonesia.org)

Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di Kompasiana, Kamis 28 Januari 2016.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/charlesemanueldm/indonesia-tanpa-ganda-putra-di-perempatfinal-india-gpg-2016_56aa23d3c1afbd1e0bf536ea

Comments

Popular posts from this blog

Menjaga Rantai Juara Indonesia di Singapura Open SS 2016

Millennial Marzukiana, Strategi “Proxy War” Ananda Sukarlan untuk Bang Maing

Menulis Terus Sampai Jauh...