Millennial Marzukiana, Strategi “Proxy War” Ananda Sukarlan untuk Bang Maing

Foto dari KAYA.ID
Situasi politik di tanah air sedang panas. Titik didih semakin meningkat dan diprediksi akan menjadi-jadi mendekati hari H pemilihan langsung presiden dan wakil presiden Indonesia yang tak lebih dari tiga bulan lagi. Nah, ketika politik membuat kawan bisa menjadi lawan karena kepentingan menjadi segala-galanya, dengan cara apa kita bisa bersatu?

Tanpa berpikir panjang kita bisa menyebut olahraga. Tengok saja ketika tim kesayangan kita bertanding atau kala atlet kebanggaan negara bertarung. Kita kompak memberi dukungan. Saat kemenangan diraih kita serempak bersuka ria. Sebaliknya, sedih dan tangis akan melitani bersama saat kemenangan gagal diraih.

Selain olahraga-yang juga memiliki sisi destruktif dalam anarki dan huru-hara, musik adalah medium lain yang membuat kita bersekutu. Tidak ada dikotomi antara kawan dan lawan, kita dan mereka, lokal dan asing, kulit putih dan hitam, rambut kriting dan lurus, tua dan muda ketika berada di hadapan kesenian. Semua itu melebur. Larut nyaris tanpa bekas baik saat menikmati atau memberikan sajian untuk dinikmati.

Pengalaman dua jam di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada Minggu, (13/1/2019) kemarin menjadi bukti. Di hadapan Ananda Sukarlan Orchestra ratusan orang tertegun. Kompak menikmati sajian berkelas Jakarta New Year's Concert 2019. Kolaborasi pianis dan komposer kenamaan Indonesia, Ananda Sukarlan dengan lima musisi milenial membuat tepuk tangan tak pernah sepi di setiap akhir partitur.

Ananda mengkreasi kolaborasi dengan para musisi muda seperti Jessica Sudarta (Harpis), Finna Kurniawati (Violis), Anthony Hartono (Pianis), Mariska Setiawan (Soprano), dan Widhawan Aryo (Tenor). Kolaborasi ini tepat mengejawantah salah satu sisi dari tajuk pertunjukan yakni Millennial Marzukiana.
Mariska Setiawan (Soprano)
 dan Widhawan Aryo (Tenor)/Julie Putra

Para penonton berasal dari lintas generasi. Beragam latar belakang bersatu di ruang pertunjukan megah itu. Kaum milenial duduk berdampingan dengan mereka yang lebih senior. Masyarakat biasa pun para pejabat, orang kebanyakan hingga duta besar saling berbagi tempat.

Ada Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi bersama duta besar dari 12 negara mulai dari Rusia, Finlandia, Australia, Inggris, Italia, Jepang, Bangladesh, Kuba, Korea Selatan, Uzbekistan, hingga Prancis. Tidak hanya para tamu kehormatan dan masyarakat kebanyakan, mereka yang memiliki keterbatasan juga diberi tempat. Dari ratusan kursi dari berbagai kategori yang terjual ada 100 kursi yang disumbangkan untuk komunitas bisu, tuli, dan orang dengan down sindroma. Sekali lagi, musik benar-benar mempersatukan!

Ini baru satu sisi. Ada sisi lain yang patut diangkat. Itu adalah Ismail Marzuki. Sosok ini sudah lama berpulang, bahkan jauh sebelum generasi kini hadir. Lahir di Kwitang, Senen, saat Jakarta masih bernama Batavia, 11 Mei 1914 dan tutup usia 44 tahun kemudian.

Meski sudah lebih dari setengah abad berpulang, Mail, Maing atau Bang Maing masih berjejak. Peninggalannya masih bertahan hingga kini. Sosok yang namanya diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta yakni Taman Ismail Marzuki (TIM) ini meninggalkan ratusan mahakarya. Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka dan Selendang Sutra adalah beberapa dari sekitar 300 masterpiece Maing.

Apakah semua karya Maing yang masih terkubur sudah diangkat ke permukaan? Pertanyaan ini tentu butuh waktu untuk menjawab. Apalagi sebagian besar peninggalan Maing bertumpu pada putri semata wayang, Rachmi Aziyah yang kini sudah berusia 68 tahun dan kehidupannya jauh dari layak.

Tidak hanya itu yang mencemaskan. Ada kecemasan lain yang ditunjukkan dengan pertanyaan apakah generasi masa kini masih familiar dengan lagu-lagu legendaris Bang Maing? Seandainya masih dikenal apakah karya-karya besar itu hanya tinggal tetap seperti sekarang?

Pada titik ini usaha yang ditempuh Ananda Sukarlan tepat dan benar adanya. Seperti namanya, Millennial Marzukiana menjadi jembatan untuk menghubungkan kembali para milenial dengan Bang Maing. Sekaligus jembatan antara Bang Maing dengan dunia. Karya-karya Ismail Marzuki adalah harta berharga yang terus dirawat dan wajib disenandungkan ke seluruh dunia.
Ananda Sukarlan dan para musisi milenial/foto dari KAYA.iD
“Adalah sebuah kehormatan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Ananda Sukarlan yang mempunyai hasrat yang sama dalam membangun dan mengembangkan potensi-potensi terpendam yang terdapat di Indonesia,” tegas Nita Kartikasari, CEO Kaya.ID yang merupakan produser acara ini.

Sungguh sebuah pengalaman berharga, bisa melihat dan menikmati dari dekat Ananda Sukarlan menghidupkan dan menjadikan baru karya Bang Maing dalam sebuah pertunjukan spektakuler. Orkes megah yang menyajikan musik klasik yang indah.

Durasi 120 menit pertunjukkan terasa begitu singkat. Seri “Concerto Marzukiana” yang menggubah Melati di Tapal Batas, Gugur Bunga, Wanita, Selendang Sutra, Halo-Halo Bandung dan Indonesia Pusaka karya sang legenda seperti tak cukup. Ya memang tak cukup untuk membangkitkan kembali ingatan dan ambil bagian dalam merawat dan menggemakan karya-karya Bang Maing ke seluruh dunia. Kerja seperti ini bukan perkara kecil dan mudah, apalagi bila hanya dilakukan oleh segelintir orang.


Meski begitu kerja kreatif Ananda kali ini sedikit banyak membuat kita, terutama kaum milenial, kembali membayang Bang Maing. Sambil menanti seri-seri berikutnya dari Ananda Sukarlan untuk Bang Maing, kita berharap partitur yang sudah dihasilkan ini dapat dibawakan oleh orkes manapun dan dirigen manapun. Karya-karya Bang Maing tidak berhenti di tangan Ananda dan di ruang pertunjukan kali ini. 
Foto Julie Putra
Itulah cara mengadopsi strategi “Proxy War” dalam musik yang diterapkan oleh negara-negara Eropa selama berabad-abad. Strategi yang terbukti jitu sehingga musik Mozart bisa mengisi setiap ruang dengar penduduk bumi.

Mengutip Ananda Sukarlan, “Musik Mozart dapat dikenal di seluruh dunia tentu karena para musikus dan orkes di semua negara, termasuk Indonesia, memainkan karya-karya mereka. Jika memainkan musik Mozart, kita telah membantu memperkenalkan produk seni Austria.” Kini saatnya musik Marzuki, partitur karya-karyanya mengisi arus balik musik klasik dunia. Mengapa tidak bila kita semua kompak bersatu, bukan?

Comments

  1. Bener, selain olahraga, musik juga bisa mempersatukan berbagai karakter dan latar belakang ya.
    Baru tahu kalau di judul Bang Maing itu untuk Mail alias Ismail Marzuki. Alfatihah buat beliau, pahlawan nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar mengimbangi urusan yang lain-lain yang bikin gaduh mari kita bergabung pada kesenian ya mba...ya Bang Maing atau Mail itu nama panggilan sang legenda

      Delete
  2. Wow, baca tulisan ini bikin aku merinding dan pengen nonton langsung orkestranya. Tapi memang benar sih, gak semua orang tahu karya Ismail Marzuki. Kayak aku yang cuma tahu sedikit karyanya.

    ReplyDelete
  3. Senangnya, bisa melepas rasa pusing akibat ramai politik.
    Duh aku jadi malu, belum tahu banyak karya Ismail Marzuki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mba yuk kita kembali mengenali karya Ismail Marzuki

      Delete
  4. Karya - karya Ismail MArzuki ini banyak yah, sayang sekali saya dikit banget taunya, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sedikit sekali yang peduli untuk mengangkat dan mempopulerkan karya-karya sang legenda

      Delete
  5. Saya baru tahu nama panggilan Bapak Ismail Marzuki itu Bang Maing alias Mail hehehe

    Setuju bangat sih, bahwa olahraga dan musik merupakan bahasa universal yang bisa menyatukan banyak orang tanpa melihat perbedaan. Dan seru bangat ya Mas, bisa menonton langsung orkestra seperti ini,jadi pengen. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mas sekali-sekali menonton pertunjukan seperti itu dan terasa banget kita semua menjadi satu...

      Delete
  6. Perhelatan musik yang membawa misi mulia.pengen deh mendapat pengalaman menyaksikan secara langsung musik orkestra, penasaran seperti apa feel-nya

    ReplyDelete
  7. Aku jarang nonton acara musik secara live, tapi ya suka juga liht di TV. Memang musik, lagu bisa jadi cara pemersatu bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa mendapat kesempatan untuk menyaksikan secara lansung ya terutama pertunjukkan musik klasik..

      Delete
  8. acaranya keren yaa.. penasaran pengen dengar gugur bunga dan halo halo bandung dengan musik yang lebih berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sudah ada rekaman pertunjukan itu di YouTube sehingga bisa ditonton mba

      Delete
  9. Aki bukan anak musik, jd kurang ngerti dg dunia orkestra. Tapi kagum jg dg kekuatan musik yg begitu besar. Menyatukan semua kalangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba musik memang demikian, menerobos batas perbedaan

      Delete
  10. Belum pernah nonton orkestra secara langsung dan kebayang indah dan khidmatnya menikmati mahakarya Bang Maing melalui alunan orkestra yang indah didengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba sensasinya luar biasa bila kita bisa menyaksikan secara langsung

      Delete
  11. Ooh nama pertunjukan toh, kukira istilah baru tentang apaa gitu deh

    Keren Pak Ananda Sukarlan dkk. Menghidupkan kembali karya2 Bang Muing. Semoga kelak nanti digelar lagi dan banyak yg mencontoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu cita-cita Ananda Sukarlan adalah mengangat dan menduniakan karya-karya para musisi tanah air

      Delete
  12. Ternyata Ismail Marzuki meninggalnya saat masih cukup muda ya 40 tahunan.
    Aku blm pernah liat konser musik secara langsung. Moga2 kapan2 bisa liat jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ia meninggal dalam usia cukup mudah tetapi ia meninggalkan banyak karya

      Delete
  13. Keren sekali ya. Musik memang selalu jadi penawar apapun, ya. Apalagi dibalut dalam sajian orkestra seperti ini. Pasti mengesankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba sangat mengesankan dan menggetarkan jiwa

      Delete
  14. karena musik adalah bahasa kalbu untuk sesiapun dimuka bumi. bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan prasaan terdalam dan bisa diterima semua orang. Musik adalah bahasa dunia

    ReplyDelete
  15. masyaallah baru tahu.. nama panggilan Ismail Marzuki ternyata "maing". unyu banget.

    dan memang yg mengerti musik adalah org2 yg punya kecerdasan dibidang musik. sayangnya aku enggak.. xixii maafkanlah.. selera musikku payah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan menikmati musik pilihan kita sebenarnya kita juga penikmat musik kok mba hehe

      Delete
  16. wah keren ya ananda sukarlan ini bikin konser orkestra berkolaborasi dengan musisi-musisi milenial..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya ini ide dan terobosan Ananda SUkarlan yang memang patut diapresiasi setinggi-tingginya

      Delete
  17. Aku tau nya taman ismail marzuki, Karya2 beliau blm terlalu tau.
    Proud of ananda sukarlan mulia banget mau menyatukan kiya melalui musik, apalagi dgn karya dr anak bangsa ismail marzuki

    ReplyDelete
  18. So life and powerful banget yah :') beda emang kalo udah bener2 pro dan dari hati juga. Katanya, musik memang bahasa universal, selalu kagum lah sama orang2 kayagitu nggak ngerti lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari menikmati musik mba biar kita selalu dipersatukan hehe

      Delete
  19. Musik beneran menyatukan ya.. lupakan sejenak pertarungan politik #eh kita fokus pada karya-karya anak bangsa seperti ini.. bangga aku bacanya.. apalagi bisa langsung merasakan feel saat kolaborasi dalam musik dimainkan.. arrrghhh jadi merinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba pengalaman yang tak ternilai bila bisa menikmati langsung para anak bansa mengangkat kembali dengan cara baru kary-karya legenda

      Delete
  20. Nonton musik secara live emang asyiiik, beda aja gitu rasanya. APalagi yang diliat artis idola.

    ReplyDelete
  21. Ingat hamil yang selalu memperdengarkan baby dalam kandungan dengan lagu lagu klasik hahaha. Pun live gini aku belum pernah nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah luar biasa mba, bener banget tu perdengarkan musik klasik kepada bayi dalam kandungan, dampaknya akan terasa bagi perkembangan otak mereka kelak

      Delete
  22. Olahraga dan musik memang menyatukan segalanya ya, Bang. Terutama musik. Bisa menentramkan. Saya ga pernah menghadiri live orchestra, tapo baca tulisan bang charles, serasa ikut nonton konsernya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba musik menyatukan segalanya..makasih apresiasinya mba

      Delete
  23. Musik karya Ismail Marzuki nggak terlalu banyak yg aku tahu, tapi respect sama Ananda Sukarlan yg menyajikan pertunjukan ini. Pasti jadi pengalaman yg berharga banged ya Mas bisa nonton langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang karena masih sedikit orang yang mau merawat, mengangkat, menggali, apalagi mempopulerkannya..Ananda Sukarlan adalah satu dari sedikit orang itu..

      Delete
  24. I think this is one of the most significant information for me. And i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The web site style is perfect, the articles is really great : D. Good job, cheers 1337x

    ReplyDelete
  25. http://poker-pool.com permainan online terbaru dan terlengkap poker , bandar poker , capsa susun , sakong , domino , dominoq ,dominoqq , domino66 ,domino99 , aduq . bandar q , bandarq , qq , q , perangbakarat. MUST READ

    ReplyDelete
  26. wah seru sekali, nah jika anda ingin uang tambahan jangan sungkan untuk kunjugi situs kami yang sudah dipercaya bertahun-tahun sebagai penghasil uang.

    kunjungi segera : https://wehangfire.com/

    ReplyDelete
  27. kami sudah terpercaya untuk menambah penghasilan dan pengetahuan anda, kunjungi situs kami sekarang juga dan segera buktikan.

    kunjungi disini: http://216.83.47.126/

    ReplyDelete
  28. Hadirnya situs kami memberikan peluang kemenangan yang lebih besar dibandingkan situs lainnya

    segera kunjungi kami : http://www.getprintersolution.com/

    ReplyDelete
  29. informasi yang bagus, jangan lupa berkunjung ke situs kami untuk dapatkan informasi serupa juga. 180.215.200.34

    ReplyDelete
  30. Kemenangan terbesar dan bisa anda dapatkan berbagai bonus menarik dengan mudahnya.

    kunjungi segera di : http://202.95.10.10/

    ReplyDelete
  31. kupas tuntas menghasilkan uang di tengah pandemi yang menimpa semua orang
    hanya dengan memainkan permainan dengan jari anda dan capai kemenangan terbesar dalam sejarah
    http://180.215.13.119/

    ReplyDelete
  32. Mencari pendapatan yang mudah di saat pandemi ini? main dan berkunjung di situs dominoqq dan bandarqq di website kami : https://times-bignews.com/

    ReplyDelete
  33. Kemenangan di tangan anda segera daftarkan akun BandarQQ DominoQQ
    http://202.95.10.212/

    ReplyDelete
  34. banyak bonusnya hanya di situs BandarQQ DominoQQ kami
    http://www.thenestbangkok.com/

     

    ReplyDelete
  35. Situs bandarqq, dominoqq terkece untuk anda, terpercaya dengan pelayanan yang baik untuk anda bermain.



    Silahkan Kunjungi Website kami http://202.95.10.87/app/Default0.aspx?lang=id

    ReplyDelete
  36. situs poker qq online terbaik http://pokerqq.live/index.htm
    agen dominoqq online terpercaya http://domino-qq.live
    9 pkv games terbaik http://164.68.99.37/

    ReplyDelete
  37. untuk melihat paito hk,data hk,pengeluaran hk,keluaran hk
    kunjungi situs kami : https://paito-hkg.xyz/
    https://paito-sgp.live/

    ReplyDelete
  38. kami sediakan kepada anda yang ingin memperbaiki ekonomi hanya dengan menggunakan gadget, mainkan bandarqq dan dominoqq yang dapat menghasilkan banyak uang hanya di http://180.215.13.115

    ReplyDelete
  39. mengisi waktu luang dan menambah pendapatan di tengah pandemi ini bisa anda temui di situs Situs Dominoqq, PKV Games Bandarqq Judi Online Indonesia kunjungi segera: http://www.bookpunks.com/

    ReplyDelete
  40. Slot Online Uang Asli salah satu permainan yang sangat menjanjikan untuk anda semua. Anda bisa tanya langsung mengenai permainan tersebut melalui Situs Slot Online http://18.139.128.96/, Pelayanan live chat tersedia 24 jam

    ReplyDelete
  41. mengisi waktu luang ditengah pandemi dengan bermain kartu online situs dominoQQ, domino, domino99, bandar sakong online di https://okekiu.com/

    ReplyDelete
  42. kami memberikan anda jaminan bonus member baru jika bermain bandarqq, pkv games dan dominoqq di situs kami sekarang http://www.e-ktp.com/

    ReplyDelete
  43. game togel online permainan yang paling menuntungkan setiap hari nya, permainan ini bisa menjadi tambahan anda perbulannya. yuk gabung jadi member bandar togel langsung dapet bonus 100% dengan cara klik link ini http://178.128.105.64/

    ReplyDelete
  44. anda butuh informasi mengenai permainan bandarqq dan dominoqq, untuk membantu anda dalam bermain permainan bandarqq dan dominoqq. segera kunjungi website kami http://dominoqqme.com/

    ReplyDelete
  45. kami satu satunya distributor springbed murah berkualitas tentunnya dengan harga yang sangat terjangkau dapat kalian temukan di pertalite springbed

    ReplyDelete
  46. situs poker qq online terbaik http://pokerqq.live/
    agen dominoqq online terpercaya http://domino-qq.live
    9 pkv games terbaik http://164.68.99.37/

    forum syair hk , syair sgp , syair sidney terlengkap
    http://syairprediksi.xyz/
    http://syairgambar.xyz/

    untuk melihat paito hk,data hk,pengeluaran hk,keluaran hk
    kunjungi situs kami : https://paito-hkg.xyz/
    https://paito-sgp.live/

    ReplyDelete
  47. website terbesar dominoQQ situs josqq bandarqq dominobet judi QQ online di http://207.148.125.127/ paling top dech

    ReplyDelete
  48. kami merupakan yang terbaik dalam menyediakan permainan dominoQQ mu situs bandarQQ poker qq pkv games online uang asli, gabung sekarang di https://dominoqqmu.com/

    ReplyDelete
  49. Pedro365.com merupakan Situs Judi Slot Terbaik dengan berbagai provider terlengkap, terdapat 17 provider slot game dan banyak permainan , pokoknya seru dan dapat anda rasakan sensasinya dengan bermain menggunakan fitur pendukung

    ReplyDelete
  50. Bosslot168.com adalah Situs Slot Online uang asli terbaik dan terpercaya no 1 dengan berbagai macam fasilitas pelayanan yang terbaik oleh Customer Service berpengalaman dilayani selama 24 jam penuh selama 7 hari atau seminggu tanpa waktu henti sedikitpun.

    ReplyDelete
  51. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina, yang merupakan pemilik perusahaan peminjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, jadi saya menyimpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman silahkan hubungi Bu Elina via email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lain yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Game slot online kini paling ramai dimainkan oleh kalangan masyarakat Indonesia, pasalnya game ini dimainkan dengan bermodal kecil tapi menghasilkan jutaan hingga puluhan juta. Situs Judi Slot Terbaik dan Terpercaya No 1 menjadi salah satu pilihan paling benar untuk bermain game slot idaman anda. Tidak hanya pada permainan slot online, tapi banyak permainan yang disediakannya dan dapat diakses dengan mudah di handphone mobile android.

    ReplyDelete
  53. Sebagai situs judi resmi yang mengusung permainan fair player, kami sangat bangga memiliki server yang amat berkualitas seperti IDNPLAY yang berpusat di luar negri. Dengan dukungan dari BMM Labs dan juga Pagcor kalian pasti akan merasa lebih aman dan nyaman ketika bermain. Dengan lisensi resmi tentunya situs kami ini bukanlah situs abal-abal. Kelebihan lain dari kami memiliki bonus yang besar serta event-event besar yang sangat menarik dan patut untuk kalian coba.

    ReplyDelete
  54. Do you need Finance? Are you looking for Finance? Are you looking for finance to enlarge your business? We help individuals and companies to obtain finance for business expanding and to setup a new business ranging any amount. Get finance at affordable interest rate of 3%, Do you need this finance for business and to clear your bills? Then send us an email now for more information contact us now via (financialserviceoffer876@gmail.com) whats-App +918929509036 Dr James Eric Finance Pvt Ltd Thanks

    ReplyDelete
  55. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya memperkenalkan saya pada perusahaan ALL GLOBAL pada awalnya HIBAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di ponsel saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(304)997-4034
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    ReplyDelete
  56. Do you need Personal Finance?
    Business Cash Finance?
    Unsecured Finance
    Fast and Simple Finance?
    Quick Application Process?
    Finance. Services Rendered include,
    *Debt Consolidation Finance
    *Business Finance Services
    *Personal Finance services Help
    contact us today and get the best lending service
    personal cash business cash just email us below
    Contact Us: financialserviceoffer876@gmail.com
    call or add us on what's app +918929509036

    ReplyDelete
  57. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, mohon, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar telah mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik hati
    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saking nekadnya mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina yang merupakan pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, maka teman saya tersebut meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, maka saya pun memberanikan diri. dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup kalian. Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, kalian dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut. melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, mohon, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar telah mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik hati
    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saking nekadnya mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina yang merupakan pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, maka teman saya tersebut meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, maka saya pun memberanikan diri. dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup kalian. Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, kalian dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut. melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  59. The Network Lock feature worked well when I tested it out with Windows and Mac OS. All traffic was effectively blocked 中国VPN when I manually interrupted the VPN connection.

    ReplyDelete
  60. Thanks you for sharing a very nice content.
    Visit my website : Aslijudi

    ReplyDelete
  61. Thanks you for sharing a very nice content.
    Visit my website:Top VPN recommand

    ReplyDelete
  62. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  63. Daftar situs slot hoki terbaru 2022

    ReplyDelete
  64. daftar situs slot777June 1, 2022 at 10:29 AM

    daftar situs slot777 terbaru dan terpercaya 2022

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menjaga Rantai Juara Indonesia di Singapura Open SS 2016

Menulis Terus Sampai Jauh...