(pada mulanya adalah KATA...)

Friday, April 21, 2017

Selamat Datang IGNIS, Urban SUV Pertama di Indonesia



IGNIS berpenampilan modern, stylish dan futuristik.

Populasi peduduk Indonesia yang terus meningkat di satu sisi serta kebutuhan akan sarana transportasi yang memadai di sisi lain kembali dijawab PT Suzuki IndomobilS Sales (SIS) dengan menghadirkan IGNIS. Ya, ini adalah genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) dengan desain mutakhir dan karakter unik dengan DNA khas Suzuki.

Produk yang didatangkan langsung dari India ini akan meramaikan pasar otomotif tanah air. Pemasaran secara luas akan terjadi setelah setelah diperkenalan serentak di 35 kota besar di Indonesia pada 21 April 2016.

Kamis, 20 April kemarin saya berkesempatan melihat dari dekat dan mencoba ketangguhan IGNIS di salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Jakarta Selatan. Meski waktu perkenalan terbilang singkat, kesan pertama yang tertangkap cukup kuat dari serba kemutakhiran dan keandalan yang ditawarkan.

Sekilas IGNIS terlihat seperti salah satu jenis mobil mewah yang terkenal dengan rupanya yang imut itu. Predikat mewah untuk IGNIS tidak berlebihan. Mobil berdimensi sepanjang 3.700 mm memiliki struktur body yang kokoh dengan konsep total effective control technology. Dibentuk dari struktur baru high-rigid underbody dengan material high-tensile steel IGNIS menjanjikan keselamatan kepada para penumpang. Melintasi jalanan offroad pun tak jadi soal.
Merasakan sensasi test drive


Bertubuh padat, sejatinya material bodi yang digunakan itu ringan. Perhitungan aerodinamika yang presisi memungkinkan IGNIS diajak berpacu di berbagai lintasan terutama melewati jalanan ibu kota yang ramai kendaraan. 

Dengan air intake setinggi 700 meter para pengguna akan dijauhkan dari rasa cemas bila hujan turun dalam intensitas tinggi yang menyebabkan jalanan banjir.  Bersama IGNIS genangan air bisa diterobos tanpa perlu khawatir mesin kendaraan tiba-tiba mogok.

Tidak sampai di situ. Desain eksterior dan interior IGNIS sangat memikat. Stylish dan modern. Beberapa keunggulan tampilan luar dan dalam IGNIS bisa disebutkan di sini.

Pertama, bila dilihat dari depan, tampilan lampu depan IGNIS sangat kekinian. Lampu depan LED Projector & Daytime Running Light akan memberikan isyarat setiap kali mesin dihidupkan. Saat melintasi jalanan berkabut lampu kabut yang ditanam dengan hiasan chrome siap berfungsi.
Kehadiran teknologi LED membuat nyaman berkendara di malam hari. Jarak pandang pengendara lebih jauh sehingga berkendara menjadi nyaman dan aman.
Lampu depan LED Projector & Daytime Running Light
Karakter SUV Suzuki tergurat jelas melalui kotak kecil-kecil pada bagian grill. Fender arnish pada sisi kanan dan kiri mobil serta pilar C disematkan slit-like design. Selain itu pada tipe tertentu dipasang roof rail dengan tanpa mengganggu estetika dan efisiensi berkat material aluminium.

Di bagian belakang, sangat kental aura SUV. Tarikan garis tegas menghadirkan kesan tangguh. Flare fender serta rear bumber garnish melintang horizontal warna hitam. 

Kedua, kesan wah langsung terbersit tak lama setelah duduk di jok yang nyaman dan empuk. Jok pengendara dan penumpang depan terlihat sporty dengan model bucket seat dengan head rest yang bisa disetel ketinggiannya.

Tampilan modern dan futuristik terbaca jelas dari desain dan keberadaan fitur-fitur mutakhir.  Di lingkar kemudi sopir tersemat kontrol tombol untuk Multi Information Display (MID), audio serta terkoneksi dengan ponsel untuk menerima dan menolak panggilan telepon.
Bagian dalam IGNIS

“Saat berkendaraan tidak lagi merasa repot saat berkomunikasi dengan menggunakan telepon genggam,” demikian kesan salah satu pengunjung.

Di hadapan pengemudi data-data terkait baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM Meter, Speedometer, Safety Belt hingga airbag diperlihatkan secara jelas melalui meter cluster. Kondisi kendaraan benar-benar dalam pantauan.

Beberapa fitur juga dihadirkan secara terpisah dari dashboard. Salah satu yang menonjol adalah peyetel suhu ruang kabin (climate control and heater) degan desain unik. Melalui tombol-tombol digital suhu ruang kabin bisa diatur sesuai keinginan.

Sejumlah fitur fungsional dan ergonomis hadir untuk menambah kenyamanan penumpang dalam kabin. Glove box, center console tray dan dua cup holder serta rear console cup holder mampu membuat beberapa barang di bagian depan. Pada pintu depan juga tersedia ruang menyelipkan majalah dan bottle holder. Bottle holder terdapat juga di pintu kanan dan kiri belakang, berikut front seat back pocket juga terdapat di bagian punggung jok penumpang belakang.

Climate control and heater terpisah dari dashboar
Meski terlihat mungil, kemampuan menyimpan barang di bagian belakang juga sangat akomodatif. Mulai dari 267 liter saat semua jok tegak berdiri. Sementara saat jok belakang dilipat dapat membentuk konfigurasi 60:40 yang menjanjikan 469 liter. Bila seluruh jok belakang dilipat maka mampu menampung 947 liter. 

Dengan tinggi pintu bagian bawah ke tanah hanya 740 mm memungkinkan akses keluar masuk barang menjadi mudah. Bibir pintu bagasi setinggi 715 mm dengan lebar 995 mm. Di dalam kabin barang bisa ditumpuk setinggi 950 mm dan lebar hingga 1.160 mm. Barang sepanjang 1280 mm bisa tersimpan di dalamnya.

Akses ke kabin jadi lebih mudah berkat fitur keyless entry untuk tipe GX. Pemilik cukup meletakkan di kantong atau tas selama jarak kunci tak lebih dari 80 cm dari mobil. Tanpa memasukan anak kunci, cukup tekan tombol START/STOP pada dashboard untuk mengaktifkan mesin.

Keamanan terjamin

Tidak hanya mengedepankan tampilan dan utilitas, IGNIS juga memprioritaskan keselamatan. Hal ini bisa dijamin dengan sistem pengereman menggunakan Anti-Lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution (ABS dan EBD), di samping Brake Assist (BA). Kehadiran fitur-fitur itu membuat pengemudi lebih percaya diri dan aman saat melakukan pengereman darurat ketika tiba-tiba menghadapi situasi tiba-tiba.

Keselamatan pengendara dan penumpang di depan dijaga dengan Dual SRS Airbag. Airbag ini akan mengembang otomatis saat terjadi benturan. Selain itu sabuk pengaman dilengkapi fitur pretensioner and force limiter untuk menjaga posisi pengguna saat terjadi guncangan.

Kehadiran electrical power steering amat membantu pengendara saat melakukan manuver dengan tingkat respon kemudi yang lebih presisi. Bagi keluarga yang memiliki bayi, IGNIS dilengkapi child set yang mudah dipasang. Sesuai standar Suzuki IGNIS dilengkapi ISOFIX yang terintegrasi di jok penumpang belakang.

Tak kalah penting adalah immobilizer untuk menjamin mobil tetap aman. Fitur ini dapat meminimalisirpencurian karena pada anak kunci memiliki sinyal sendiri. Mobil tidak dapat dihidupkan tapa kunci asli.

“Bila terjadi pencurian tidak perlu khawatir karena mobil tidak bisa dihidupkan selama tidak memiliki kunci asli,” ungkap salah satu pendamping dari pihak Suzuki

“Bila kunci hilang, terpaksa harus diganti satu set dengan kotaknya,” lanjutnya.
Interior IGNIS serba digital.
 
Harga bersahabat

Patut diketahui IGNIS dilengkapi mesin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc didukung Variable Valve Timing (VVT) dan DOHC. Dengan mesin 83 pc pada 6.000 rpm dengan kekuatan torsi mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. 

Dengan sistem penggerak roda depan yang langsung terhubung dengan mesin membuat ketenangan saat berkendara jauh terjamin. Tidak perlu khawatir IGNIS seperti Suzuki umumnya tetap hemat bahan bakar dengan pilihan transmisi hingga lima perepatan. Seperti dikatakan Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS, keiritan bahan bakar mencapai 23,44 km/liter.

Ingin mudah melaju di kepadatan lalu lintas bisa memilih perpindahan AGS. Bila ingin berakselerasi lebih silahkan mengoperasikannya secara manual. 

IGNIS menghadirkan banyak pilihan warna. Untuk GL ada enam warna yakni silky silver, arctic white pearl, midnight black pearl, uptown red pearl, tinsel blue pearl metaliic dan glistering grey metallic. 

Sementara tipe GX hadir dengan tujuh pilihan warna yakni silky silver, arctic white pearl, midnight black pearl, glistering grey metallic, dual tone uptown red pearl and midnight black pearl, dual tone tinsel blue pearl & midnigh black pearl dan dual tone tinsel blue pearl & arctic white pearl.

Calon pembeli tidak hanya dimudahkan dengan serba keunggulan dan banyaknya pilihan warna, harga yang ditawarkan pun sangat bersahabatan. Untuk membawa pulang satu unit IGNIS kita hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 139.500.000 untuk tipe GL MT. Sementara dengan Rp 159.500.000 bisa mendapat tipet GX MT dan Rp 169.500.000 untuk tipe GX AGS.

Saat ini proses pemesanan hingga mendapatkan unit kendaraan memerlukan waktu tunggu. Setidaknya dengan menyiapkan Rp 5.000.000 sebagai tanda jadi maka proses lebih lanjut menjadi mudah. 

Selamat datang IGNIS!

N.B: Foto-foto merupakan koleksi pribadi.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Video Bar

Loading...

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Kembali ke Puncak Ranking Dunia

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Gambar: www.badmintonindonesia.org Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon kembali ke ben...