(pada mulanya adalah KATA...)

Monday, April 24, 2017

Rasa, Variasi dan Kejutan Menyatu di Bakso Bom Mas Erwin

Suasana Bakso Bom Mas Erwin cabang Ciputat, Tangerang Selatan.



Saat "pulang kampung" pada November 2010 silam, waktu itu masih menjabat Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ternyata masih menyimpan kenangan dengan sejumlah kuliner khas nusantara. Saat disuguhkan menu-menu lokal seperti nasi goreng, emping dan bakso, saraf-saraf perasa di indra pencecapnya langsung mengirim sinyal ke otak, lantas keluar dalam reaksi spontan.  “Bakso, nasi goreng...semuanya enak,” ungkapnya dalam bahasa Indonesia. 

Obama pernah menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Menteng, Jakarta Pusat sebelum kembali ke Honolulu, AS. Makanan seperti itu bukan barang baru dalam kazanah kuliner lelaki berdarah Kenya itu . Selain pernah mencoba, hal penting yang sulit dibantah adalah rasanya. Nikmat.

Di Indonesia bakso hampir ditemukan di mana-mana. Mulai dari pinggiran jalan hingga di pusat-pusat perbelanjaan mentereng mudah kita jumpai gerai-gerai bakso. Alhasil makanan yang mengambil nama dari bahasa Hokkien bak-so yang berarti daging giling itu terkesan menjadi menu biasa. 

Namun semakin menjamurnya penjual dan pengusaha bakso menandakan bahwa peluang bisnis masih terbuka lebar. Pangsa pasar masih luas dan perlu digarap. Hal inilah yang membuat kita menjumpai aneka inovasi dan terobosan yang dilakukan baik dalam bentuk dan rasa pada bola-bola daging itu, maupun kemasannya.

Kenyataan ini saya temuai sendiri pada Sabtu, 8 April 2017 lalu. Antrian cukup mengular di depan sebuah ruko berlantai dua. Letaknya di ruas jalan WR.Supratman No.100, Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan. Bila kita melaju dari arah Bintaro, tempatnya tepat di sisi kiri jalan, menempel pada deretan ruko yang diberi nama Paris Residence.

Tidak susah menjangkau tempat itu. Selain berada di jalur utama, identitas yang terbaca lewat tulisan besar di bagian depan lebih dari cukup untuk menarik perhatian. Hari itu Bakso Bom Mas Erwin Wonogiri dibuka untuk pertama kali di wilayah Ciputat. Sebanyak 100 mangkok diberikan secara pro deo alias cuma-cuma.
Promo menarik saat pembukaan outlet cabang Kampung Utan, Ciputat

Orang-orang berebut mendapat layanan sebagai imbalan atas kupon yang didapat. Saya sengaja menahan diri untuk tidak masuk dalam barisan. Saya sadar tidak akan mendapat layanan karena tidak sedang memegang kupon.

Saya tidak perlu menunggu lama sampai antrian pemegang kupon berakhir. Tidak sampai 30 menit 100 porsi gratis itu ludes. Dominasi warna merah diselingi garis-garis putih langsung menarik mata saat saya melangkah masuk. Bangku dan meja berwarna dasar putih ditata sedemikian rupa agar tidak menghalangi pengunjung yang ingin mencari suasana berbeda di lantai dua. 

Tak jauh dari pintu masuk, kita langsung berhadapan dengan sebuah tong besar yang menyeruakan aroma kaldu yang menggoda. Di sampingnya ada kotak-kotak kecil yang tertanam dalam meja. Masing-masingnya berisi bakso dalam berbagai ukuran, berikut mie putih dan mie kuning. Sementara irisan daun bawang, bawang goreng dan sayuran yang telah dicacah masing-masing berada dalam mangkuk kecil.

Tak jauh dari tempat para pelayan meracik makanan terpampang poster besar “Bahaya Borax Formalin”. Pada bagian bawah dengan huruf yang sama besar tertera tulisan, “Sehat Bebas Borax Formalin.”
Seperti tak cukup, penegasa terhadap tulisan-tulisan tersebut ditemui lagi pada bagian belakang seragam para pramusaji. Kaus oblong berwarna merah yang dikenakan para pelayan meyakinkan setiap pengunjung bahwa menu yang akan disantap benar-benar bebas aneka bahan pengawet.
Kampanye baksotanpa zat-zat berbahaya.

Saya ditawari berbagai varian bakso sebagaimana tertulis jelas di buku menu.  Eddy Widodo yang memperkenalkan diri sebagai manager operasional memprovokasi saya untuk mencoba salah satu menu andalan. Bakso bom beranak.

Belum pernah saya temui, juga dengar sebelumnya varian bakso dengan nama seunik itu. Ketika pesanan terhidang saya cepat-cepat memperhatikan isi dalam mangkuk. Namun sebelum mengangkat garpu dan sendok, pandangan saya bertumbukan dengan wadah yang dipakai untuk mengisi satu butir bakso berukuran besar yang dikelilingi mie kuning, berikut potongan sayuran ditambah irisan daun bawang. 

Tidak seperti mangkuk yang biasa ditemui pada penjual bakso di pinggir jalan. Di sini ukurannya jauh lebih besar. Tidak ada label atau cap bawaan yang jelas menandai dari mana mangkuk-mangkuk itu berasal. Selai berukuran lebih besar dan dalam, bentuk bibirnya seperti diiris miring. Pada salah satu sisi terstempel identitas Bakso Bom Mas Erwin. 

Tidak susah membedah bola daging. Dengan sekali tikam dan beberapa gesekan senduk,  daging bola tersebut langsung membelah. Betapa kagetnya saya ketika bakso tersebut dibelah. Lima bola kecil nyaman bersemayam di dalamnya. Bola-bola tersebut adalah gumpalan daging sapi yang dicincang. Saya seperti sedang membantu proses beranak tiga bola kecil itu. Persis seperti nama yang dipilih.  
Bakso Bom Beranak/foto: Dzulfikar Alala

Daging sapi langsung terasa pada gigitan pertama. Empuk lagi. Tidak ada rasa sepat dari lemak yang tertinggal di lidah. Ketika mengkonfirmasi hal ini, sambil tersenyum Eddy Widodo mengatakan bahwa komposisi bakso memang disengaja untuk menonjolkan rasa daging sapi. Perbandingan daging dan tepung adalah 10:1. Dalam 10 kg daging sapi hanya ada 1 kg tepung.

“Daging sapi yang diambil adalah bagian has dalam dengan lemak seminimal mungkin sekitar hanya 5 persen saja,” ungkap pria 44 tahun itu. 

Proses pengolahannya pun jauh dari campur tangan bahan pengawet. Setelah daging terbaik itu diambil dari Rumah Potong Hewan (RPH) langsung diolah pada malam hari di pusat pengolahan yang berada di Bekasi, sebelum didistribusikan keesokan harinya ke seluruh cabang. 

Dengan tanpa bahan pengawet jelas bakso-bakso tersebut harus diperlakukan dengan tingkat kebersihan yang tinggi. Para pengunjung bisa langsung melihat para koki meracik setiap porsi. Daging dan setiap bahan sama sekali dijauhkan dari sentuhan langsung. Para koki selalu memakai sarung tangan plastik saat bekerja.  Setelah menyelesaikan pesanan dengan sigap mereka langsung memastikan tidak ada tumpahan kuah atau bahan yang tercecer.
Manager Operasional, Eddy Widodo

Selain daging sapi yang benar-benar berasa dan lembut, kuahnya pun gurih.  Rasa gurih benar-benar alami tanpa distimulus oleh penyedap rasa seperti vetsin. Salah satu keunggulan bakso Bom Mas Erwin adalah pantang terhadap vetsin (atau micin) sehingga sangat aman bagi anak-anak atau orang-orang yang alergi dengan penyedap rasa tersebut. Sebagai gantinya, dalam setiap 30 liter kuah selalu ditambah pasta dan satu kg iga untuk menghasilkan kuah yang gurih dan nikmat.

Bila Anda ingin memberi rasa manis atau pedas tersedia kecap dan saus keluaran perusahaan yang benar-benar terpercaya. Saus belibis dan kecap bango selalu menjadi pilihan utama. Produk-produk Unilever, perusahaan multinasional,  telah diakui kendalan dan kualitasnya. 

“Produk-produk itu sudah dikenal dan terjamin. Tidak perlu takut akan kecap atau saus curah,” tegas Eddy lagi.

Semangkuk besar bakso beranak, plus segelas es teh manis benar-benar memanjakan lidah. Rasa dan sensasinya benar-benar “pecah.” Sebagai ganti segala kenikmatan dan sensasi itu Anda hanya perlu membayar Rp 30.000.

Ragam varian

Saat berkunjung ke Bakso Bom Mas Erwin Anda perlu mencoba menu andalan itu. Namun, bukan itu satu-satunya. Bakso Bom, nama yang terinspirasi dari ledakan bom di Sarinah, Jakarta Pusat beberapa tahun lalu, juga memiliki sejumlah varian. 

Selain bakso beranak dengan diameter lebh besar dengan bakso-bakso kecil di dalamnya, ada juga Bakso Bom Pedas. Seperti namanya jenis ini cocok bagi para petualang pedas. Di dalam bakso berukuran sedang itu terdapat irisan cabai rawit dengan daging cincang yang dipadu jadi satu. Tiga bakso berukuran kecil, potongan sayuran, taburan bawang goreng, dan mie melengkapi semangkuk Bakso Bom Pedas.
Bakso Bom Pedas yang berisi cabe rawit.

Bagi Anda penyuka keju, Bakso Bom Mas Erwin menyediakan menu spesial. Sebagai ganti cabai rawit pada Bakso Bom Pedas, pada varian Bakso Bom Keju segumpal keju New Zealand menanti belahan garpu. Saat bakso disesar, keju terbaik itu langsung melumer, menggoda agar segera didaratkan di lidah.

Selain itu ada Bakso Bom Urat yang benar-benar menonjolkan rasa daging sapi tanpa campuran isi tertentu. Bakso Bom Mas Erwin bukan monopoli kaum dewasa saja. Anak-anak pun dipersilahkan datang. Selain bebas bahan-bahan berbahaya, di sini tersedia pula pilihan menu Bakso Bom Granat berukuran kecil, pas di mulut anak-anak.

Tidak hanya menawarkan bakso dengan ragam varian. Bakso Bom Mas Erwin juga menghadirkan menu mie. Salah satunya adalah Mie Ayam Yamin. Tak kalah menggoda, menu ini menawarkan beberapa pilihan yakni Mie Ayam Yamin Granat dan Mie Ayam Yamin Ceker. Menu yang disebutkan terakhir itu siap memanjakan para pemburu mie dengan campuran ceker ayam berukuran besar, bertabur bawang goreng dan irisan cabe rawit. Sensasi pedas dan manis dijamin “dapat.”


Berikut ringkasan menu di Bakso Bom Mas Erwin:


  • Bakso Bom Beranak
  • Bakso Bom Iga
  •  Bakso Bom Pedas
  •  Bakso Bom Urat
  • Bakso Bom Keju
  •  Bakso Bom Granat
  • Mie Ayam/Yamin
  • Mie Ayam/Yamin Granat
  • Mie Ayam/Yamin Ceker


Penuh kejutan

Sebelumnya hampir tidak terbayangkan bahwa di tempat ini anak-anak dan ibu hamil mendapat keistimewaan. Selama berbadan dua para ibu silahkan datang untuk menikmati menu-menu terbaik.
Tidak sampai di situ, ragam promosi terus dilakukan. Sejak mulai berkiprah pada 2008 silam, kolaborasi Erwin, Eddy dan Anke Dwi Saputro telah meluaskan usaha ini hingga ke sejumlah titik di Jabodetabek hingga Cilegon. Setelah membuka outlet pertama di Bekasi Selatan saat ini Bakso Bom Mas Erwin sudah tersebar di 18 outlet.

Ke depan, seperti diakui Eddy, ekspansi masih akan terus berlanjut. Apalagi permintaan dari luar Jabodetabek bahkan dari luar Pulau Jawa terus meningkat. “Tetapi untuk sementara kita tahan dulu karena untuk di Jabodetabek saja kita cukup kewalahan.”
Anke Dwi Saputro, pemilik baksoBom Mas Erwin.
Sebagaimana yang sedang dilakukan dalam setiap pembukaan outlet baru akan disertai promo menarik. Salah satunya tadi, 100 porsi gratis. Di samping itu, promo akan terus dilakukan saban bulan. Di antaranya pemberian diskon tematik dengan nama tertentu. 

“Misalnya saat bulan Agustus diskon untuk yang nama Agus. Atau tanggal 21 April saat peringatan Hari Kartini, yang nama Kartini mendaat diskon,” terang Eddy.

Informasi-informasi tersebut selalu disampaikan melalui akun sosial media baik facebook  @BaksoBom maupun instagram baksobom. Bergabung dengan Bakso Bom Mas Erwin di jejaring sosial tersebut  dan terus memantau perkembangannya adalah pilihan terbaik untuk mengikuti setiap kejutan yang akan terjadi.

Mengapa Anda harus ke Bakso Bom Mas Erwin?

  1. Ragam varian isi dengan komposisi 90 persen daging sapi asli tanpa penghangat dan 1 kg tepung.
  2. Bebas bahan pengawet, pemutih, pengenyal dan vetsin.
  3. Penuh kejutan dan promosi menarik
  4. Lokasi strategis 

Suasana di outlet cabang Kampung Utan, Ciputat
Alamat Bakso Bom Mas Erwin Cabang Ciputat:
Ruko Paris Residence Blok K Jln . WR Supratman no 100 Kampung Utan Ciputat (Depan SUPERINDO)

Peta lokasi (google map) di sini.





Cabang Bakso Bom Mas Erwin (beroperasi tiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 22.00 WIB):

Outlet
ALAMAT
CP
Bekasi, Taman Galaxy
Jl Taman Galaxy blok H5 (seberang Pegadaian) Pekayon Jaya Bekasi Selatan.
Edi 0859-2502-2200
BEKASI RAWALUMBU
Jl Pengasinan raya, Rawalumbu, 4Kota Bekasi. (dekat Alexandria School)
Selena 0812-8033-2368
BEKASI, PONDOK UNGU PERMAI
Ruko Marakash B05/05 Pondok Ungu Permai (sejajar Superindo)
Iwan 081293312374
JAKARTA SELATAN, @ Dapur Blok M
Jalan Melawai Raya (Depan Hotel Melawai)
Edi 0859-2502-2200
JAKARTA SELATAN, TEBET
Tebet Barat Dalam Raya ( Sejajar pasar Tebet Barat Raya Samping Dapur Coklat
(021) 22983391
JAKARTA TIMUR, RAWAMANGUN
Jalan Pegambiran no 43 Terminal Rawamangun (Seberang Bank Mandiri)
Andri 0811-7521-883
JAKARTA TIMUR, CIBUBUR
Blockbooster Foodcourt Jalan Raya Transyogi Cibubur (Depan Pom Bensin Dekat Save Max)

JONGGOL, CITRA INDAH
Ruko Shopping Street SS10. Citra Indah Jonggol, Bogor (Samping Masjid Raya)
Jaja 08164617570
JAKARTA PUSAT, GAMBIR La Patra Cafe
Lobby kantor pusat Pertamina, Jalan Merdeka Timur 1A, Gambir
Imron 0811734666
TANGERANG SELATAN, CILEDUG
Jalan Pemuda no 2, Cipadu,  Kreo,  Tangerang Selatan
Yusuf 08119621355
TANGERANG SELATAN, CIPUTAT
Ruko blok K Paris Residence Jln WR Supratman no 100 Kampung Utan
Dedep 0811-1009-707
DEPOK, ASA Foodcourt
Jalan Raya Kartini RT. 1 / RW. 9, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok
Edi 0859-2502-2200
CILEGON
Jalan Cibeber Raya,  Kavling, Cilegon (dekat Kejaksaan Negeri)
Hananto 0898-9621-645
:


No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Video Bar

Loading...

Indonesia Sabet 2 Gelar Korea Open 2017

Anthony Ginting (kanan) dan Jonatan Christie, finalis #KoreaSS 2017/badmintonindonesia.org Pertama kali sejak naik level menjadi turnam...