(pada mulanya adalah KATA...)

Friday, March 4, 2016

Tim Thomas dan Uber Indonesia Pastikan Tiket Putaran Final di Tiongkok

Juara bertahan Tiongkok (gambar bwfbadminton.com)

Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, Tim Uber Indonesia pun mendapat satu jatah di putaran final Piala Thomas dan Uber yang akan dihelat di Kunshan, Tiongkok, 15-22 Mei 2016. Walau tersingkir di babak perempatfinal, Lindaweni dan kolega pun menyusul tim Piala Thomas yang tampil sebagai juara di babak kualifikasi yang dihelat di Hyderabad, India beberapa waktu lalu.

Kepastian keikutsertaan Tim Uber di putaran final berdasarkan pengumuman resmi dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) setelah melakukan penghitungan poin peringkat dunia berdasarkan hasil kualifikasi Piala Thomas dan Uber atau yang disebut Continental Team Event yang digelar di lima zona yaitu Asia, Eropa, Oseania, Pan Amerika dan Afrika.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari badmintonindonesia.org, Tim Uber menempati peringkat keenam dari 16 slot yang tersedia. Tiongkok menempati posisi pertama dan sudah dipastikan lolos sebagai juara b
ertahan dan tuan rumah. Langkah ini dipertegas lagi dengan predikat juara babak kualifikasi.
Denmark lolos sebagai juara kontinental. Demikian pun Australia untuk zona Oseania, Mauritius (Afrika) serta Amerika Serikat (Pan Amerika).

Sebagai semifinalis zona Asia dan Eropa Jepang, Korea, Thailand, Bulgaria, Spanyol dan Jerman pun mengikuti langkah Tiongkok.

Sementara lima slot tersisa dihitung berdasarkan total rangking dunia berdasarkan daftar rangking BWF per 3 Maret 2016. Berdasarkan perhitungan itu lima tempat tersisa berturut-turut menjadi milik India, Indonesia, Taiwan, Malaysia dan Hong Kong.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI sekaligus Manajer Tim Kualifikasi Piala Thomas dan Uber Indonesia 2016, Rexy Mainaki menegaskan bahwa pihaknya sudah memprediksi bahwa Tim Uber bakal tampil di putaran final.

 “Sebetulnya sih kami sudah yakin tim Uber lolos ke putaran final, karena tim ofisial sudah melakukan penghitungan poin sebelum BWF mengumumkan. Dengan lolos ke perempat final waktu kualifikasi kemarin, sebetulnya cukup baik, kalau tidak lolos itu yang susah peluangnya. Bukannya mengecilkan, tetapi ada untungnya tim Uber berada di grup penyisihan yang isinya tiga negara, kalau satu grup ada empat negara misalnya bersama Singapura atau Hong Kong, agak deg-degan juga,” tandas Rexy.

Lolosnya Tim Uber sekaligus mendatangkan pekerjaan berat mengingat posisi Indonesia yang kurang diunggulkan dibandingkan tim-tim lain. Diharapkan pula Greysia Polii dan teman-teman tak hanya jadi pengembira semata.

“Semoga tim Uber bisa tampil lebih baik di putaran final, walaupun persaingan ketat, namun kami akan terus memberi dukungan penuh kepada tim Uber,” tambah Rexy.

Tim Thomas Keempat
Tim Thomas Indonesia yang menjadi juara kualifikasi otomatis mendapat satu tiket. Di putaran final Hendra Setiawan cs menempati unggulan keempat di belakang Tiongkok (tuan rumah), Denmark (juara kualifikasi Eropa), dan Korea Selatan. Sementara juara bertahan, Jepang ada di tempat kelima.
Selain itu juara kontinental lainnya yakni Selandia Baru (Oseania), Meksiko (Pan Amerika) dan Afrika Selatan (Afrika) juga lolos.

Semifinalis kualifikasi Piala Thomas zona Asia dan Eropa yaitu Korea, India, Prancis, Jerman dan Inggris pun siap meramaikan turnamen beregu paling bergengsi ini.
Empat slot tersisa jatuh ke tangan Malaysia, Taiwan, Hong Kong dan Thailand.
Juara bertahan Tim Thomas Jepang (gambar bwfbadminton.com)


Berikut daftar unggulan tim Piala Thomas dan Uber 2016:
Tim Thomas
1.     Tiongkok
2.     Denmark
3.     Korea
4.     Indonesia
5.     Jepang
6.     Malaysia
7.     India
8.     Taiwan
9.     Hong Kong
10.  Thailand
11.  Inggris
12.  Jerman
13.  Prancis
14.  Meksiko
15.  Afrika Selatan
16.  Selandia Baru
Tim Uber
1.     Tiongkok
2.     Jepang
3.     Korea
4.     Thailand
5.     India
6.     Indonesia
7.     Taiwan
8.     Denmark
9.     Jerman
10.  Malaysia
11.  Spanyol
12.  Hong Kong
13.  Amerika Serikat
14.  Bulgaria
15.  Australia
16.  Mauritius


Daftar unggulan Tim Thomas berdasarkan jumlah poin (sumber @INABadminton)

Daftar unggulan Tim Uber berdasarkan jumlah poin (sumber @INABadminton)


Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di Kompasiana, Jumat 4 Maret 2016.





No comments:

Post a Comment

Video Bar

Loading...

Tahun Terbaik Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya juara/badmintonindonesia.org Terbaik. Kata ini bisa saja berlebihan karena tidak ada sesuatu yang tak t...