(pada mulanya adalah KATA...)

Tuesday, March 22, 2016

Skuad Muda Merah Putih Dominasi Tim Inti Piala Thomas-Uber 2016


Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (badmintonindonesia.org)


Putaran final Piala Thomas dan Uber di Kunshan,Tiongkok kian mendekat. Turnamen beregu prestisius itu akan dihelat pada 15-22 Mei 2016. Tim Thomas dan Uber Indonesia pun sudah mengetahui para lawannya menyusul undian pembagian grup yang baru saja dilakukan di Tonino Lamborghini Hotel, Kunshan, Tiongkok, Senin (21/3). 

Tim Piala Thomas Indonesia bergabung dengan India, Thailand dan Hong Kong di grup B. Di atas kertas peluang Merah Putih untuk lolos dari fase grup hingga menghindarkan diri dari tim-tim unggulan di delapan besar terbuka lebar. Sebagai juara Kualifikasi Piala Thomas zona Asia, tingkat kekuatan tim Indonesia sudah bisa dilihat. Termasuk juga Thailand dan Hong Kong yang dihadapi di babak kualifikasi itu. 

Namun munculnya nama India patut diwaspadai. Pasalnya India pernah mengalahkan Tiongkok di Kualifikasi Piala Thomas  walau negeri Tirai Bambu tak menurunkan kekuatan terbaik.

“India memang kuat di sektor tunggal, namun kami pernah mengalahkan India waktu di penyisihan Kualifikasi Piala Thomas 2016,” ungkap Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI seperti dikutip dari badmintonindonesia.org 

“Kami masih unggul di sektor ganda jika dibandingkan negara-negara lain yang satu grup dengan kami. Tinggal bagaimana kami mengatur strategi untuk mengambil poin dari nomor tunggal,” lanjut mantan pemain ganda putra tersebut. 

Setali tiga uang dengan Tim Thomas, Tim Uber pun terhindar dari lawan berat di fase grup, setidaknya tak bejumpa Tiongkok, Korea Selatan atau Jepang. Namun kehadiran Thailand di Grup C akan menjadi lawan berat bagi Tim Uber. Keduanya tergabung bersama Bulgaria dan Hong Kong. 

“Thailand memang akan menjadi lawan yang berat untuk tim Uber Indonesia. Namun kami masih berpeluang besar untuk menang dari Hong Kong dan Bulgaria,” sambung Rexy. 

Sebagaimana diketahui, hanya dua tim terbaik dari setip grup berhak lolos ke perempat final. Di babak delapan besar akan kembali dilakukan pengundian. Juara grup akan bertemu runner up grup. Karena itu Tim Thomas dan Uber mau tidak mau harus berjuang untuk menjadi juara grup agar terhindar dari tim-tim unggulan di babak delapan besar.  

Lindaweni dan Rian/Berry Dicoret 

Berbarengan dengan hasil undian pembagian grup, PBSI pun merilis daftar tim inti yang akan turun di Tiongkok nanti. Secara umum formasi dan komposisi  tim tak banyak berubah dari susunan di Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 pada Februari lalu. 

Namun ganda putra Rian Agung Saputro/Berry Angriawan tak lagi disertakan. Demikian pun tunggal putri Lindaweni Fanetri.  Performa Rian/Berry dan Linda dianggap tak memuaskan selama babak Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 lalu. Posisi Rian/Berry pun digantikan oleh pasangan Juara Malaysia Masters 2016, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sementara pemain muda Gregoria Mariska mengisi tempat Lindaweni. 

“Kami dan tim pelatih telah melakukan analisa penampilan Rian/Berry dan Linda selama kualifikasi (Piala Thomas dan Uber) kemarin dan menurut kami penampilannya sangat kurang. Sehingga kami putuskan untuk mengganti mereka,”ungkap Rexy.

“Penampilan Kevin/Marcus akhir-akhir ini lebih baik, bukan cuma penilaian dari pelatih mereka, tetapi saya juga mengikuti perkembangan Kevin/Marcus,” lanjut Rexy. 

Di Tim Thomas, Tommy Sugiarto tetap menjadi tunggal pertama. Selain itu ganda putra rangking dua dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tetap menjadi andalan. Sementara di tim Uber mayoritas didominasi pemain muda seperti Hanna Ramadini, Fitriani dan Gregoria Mariska. 

Susunan tim in Piala Thomas dan Uber: 

Tim Thomas:Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon. 

Tim Uber:  Maria Febe Kusumastuti, Hanna Ramadini, Fitriani, Gregoria Mariska, Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari. 

Berikut hasil undian grup putaran final Piala Thomas dan Piala Uber 2016: 

Piala Thomas 

Grup A: Tiongkok, Jepang, Perancis, Meksiko 
Grup B: Indonesia, India, Thailand, Hong Kong 
Grup C: Korea, Malaysia, Inggris, Jerman 
Grup D: Denmark, Taiwan, Selandia Baru, Afrika Selatan   

Piala Uber  
Grup A: Tiongkok, Denmark, Spanyol, Malaysia 
Grup B: Korea, Taiwan, Mauritius, Amerika Serikat 
Grup C: Thailand, Indonesia, Bulgaria, Hong Kon    

Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di Kompasiana, 21 Maret 2016.

No comments:

Post a Comment

Video Bar

Loading...

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Kembali ke Puncak Ranking Dunia

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Gambar: www.badmintonindonesia.org Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon kembali ke ben...