(pada mulanya adalah KATA...)

Friday, November 30, 2018

Akhir Pekan Berbeda, Belajar Investasi dalam Balutan Musik dan Seni

Ilustrasi dari halofina.id.
Bingung akhir pekan mau ke mana? Sudah punya rencana, tetapi ingin sesuatu yang berbeda? Bagaimana kalau berakhir pekan dengan aktivitas kreatif dan edukatif? Tidak hanya bisa bersenang-senang, tetapi juga mendapat tambahan ilmu dan pengalaman, plus menjadi investor. Jawab itu itu hanya ada di Tomorrow Today Fun(d) Festival!

Penamaan acara ini sudah bisa ditebak seperti apa isinya. Ada unsur hiburan dan seni di sana. Tak kalah penting, sisi pembelajaran tentang keuangan. Acara ini digelar separuh hari pada Sabtu, 1 Desember 2018 di Senayan City, Jakarta.

Patut diakui tidak banyak acara sekreatif ini. Belajar tentang keuangan dalam kemasan berbeda. Tentu, package seperti ini mengikuti tren masa kini, ketika proses edukasi tidak lagi berjalan monoton dan kaku. Hal semacam ini sesuai dengan corak dan semangat generasi masa kini.

Ya, acara ini memang dimaksudkan untuk menyasar kaum muda. Generasi milenial yang lahir dengan serba kemajuan. Jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang belum mengenal perkembangan teknologi dan informasi semutkahir sekarang.

Sorak Gemilang Entertainment (SGE) selaku penggagas sengaja menggandeng PT Narada Aset Manajemen untuk membuka panggung hiburan yang berbagi tempat dengan edukasi finansial. Belajar tentang investasi dalam suasana yang fun dengan musik dan seni.

Tak heran, acara yang dibuka sejak pagi ini akan menghadirkan sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang profesi. Ligwina Hananto, Financial Trainer & Founder QM Financial dan Manager Investasi dari PT Narada Aset Manajemen akan berbagi tentang investasi.
Ligwina Hananto, pakar perencanaan keuangan
Para pembicara ini tidak sendirian. Masih ada sejumlah figur inspiratif yang sehari-hari dikenal sebagai wirausahawan dan social media incfluencer. Mereka adalah pemilik Sang Pisang, Kaesang Pangarep, Jovi Adhiguna selaku content creator, fotografer kondang, Nicoline Patricia serta sosok yang sudah malang melintang di dunia travel blogger yakni Kenny Santana.

Para entrepreneur dan pekerja kreatif ini akan berbagi kisah dalam merintis usaha dan menekuni panggilan hidup. Termasuk bagaimana mengelola keuangan dan mengembangkan karir dan bisnis.
Tak ketinggalan, musisi yang cukup terkenal, Agatha Suci pun akan tampil. Ia adalah satu dari sederet musisi yang akan manggung. Tulus, HiVi, dan Teza Sumendra adalah beberapa dari antaranya.

Tips Mudah Berinvestasi

Mervi Sumali, Marketing Director SGE saat konferensi pers pada Kamis, (29/11/2018) mengatakan acara yang menyasar kaum milenial ini tidak hanya memberi pesan dan warna hiburan semata. Kehadiran para pembicara tentang dunia keuangan, tidak lain tidak bukan untuk memberikan bekal kepada kaum muda terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak. Tujuannya, “Agar terhindar dari masalah cashflow dan memastikan masa depan yang lebih baik.”

Tidak dapat dipungkiri, lanjut Mervi, generasi muda Indonesia banyak yang telah berprestasi dan meraih kesuksesan di usia muda. Namun di balik prestasi tersebut ada kerentanan terhadap gaya hidup tinggi mulai dari berbelanja, hangout, hingga traveling.
Mervi Sumali
Agar masa depan bisa disiapkan dengan baik, salah satu cara terbijak dan terbaik adalah berivestasi sejak dini. Tren positif dalam dunia investasi oleh para milenial ditunjukkan dengan penguasaan generasi ini terhadap pasar modal. Data Bursa Efek Indonesia mencatat, dari sekitar 1,5 juta investor perorangan, sebanyak 34,08 persen adalah mereka yang berusia 21 hingga 30 tahun.

Bila dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia, tingkat partisipasi investor perorangan di tanah air masih rendah. Hanya satu persen dari total penduduk Indonesia sekitar 250 juta terdaftar sebagai investor saham.

Pertanyaan kini, apakah investasi itu sesuatu yang sulit? Tentu tidak. Siapa saja sebenarnya bisa berinvestasi, tidak sebatas kaum berpunya. Cara untuk berinvestasi pun mudah. Oktavian Dondi menyebutkan salah satu contoh yakni reksadana.

“Reksadana dikelola oleh manajer investasi yang dapat menjadi alternatif yang aman dan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau,” tandas Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen itu.
Oktavian Dondi  (tengah)
Nah, bagi kaum milenial yang ingin untuk segera berinvestasi, sejumlah tips dari Ligwina Hananto bisa dijadikan pegangan. Pertama, sebelum memulai investasi, tentukan tujuan keuangan. Tujuan ini bisa dibagi dalam sejumlah periode yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Penetapan itu akan berimplikasi pada jenis investasi yang dipilih. Deposito misalnya menjadi salah satu pilihan untuk memenuji kebutuhan jangka pendek.

Kedua, mulailah dengan mengatur keuangan secara baik. Terkait hal ini wanita berhijab itu memberikan tiga poin penting. Poin pertama adalah membiasakan untuk selalu mencatat setiap pengeluaran.

Di samping itu, membuat alokasi untuk setiap pengeluaran. Menabung dianjurkan minimal sebesar 10 persen dari pendapatan bulanan. Besaran cicilan tidak boleh lebih dari 30 persen dari total penghasilan bulanan. Selanjutnya, mengalokasikan 20 persen untuk pengeluaran rutin pribadi dan sosial.

Ketiga, ada sejumlah pilihan investasi. Menabung bisa dilakukan di bank konvensional. Menabung emas dan investasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih. Selain itu, seperti disebutkan di atas, pilihan investasi bisa juga dijatuhkan kepada reksadana.

“Reksadana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan yang dikelola secara profesional dan berbiaya relatif rendah,” Ligwina memberi alasan sambil menyebut bentuk investasi ini aman karena diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keempat, membuat rekening terpisah untuk setiap pengeluaran yakni pengeluaran bulanan, rekening hura-hura, serta rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti dana darurat, dana pendidikan dan lainnya.

Wawasan akan makin terbuka karena banyak informasi yang akan diperoleh bila kita bertandang ke Senayan City akhir pekan ini. Akan ada banyak insight yang diberikan para pembicara.

Para peserta yang datang akan langsung menjadi investor. Caranya, setiap pembelian tiket seharga Rp 150 ribu akan dikembalikan dalam bentuk investasi reksadana senilai Rp 100 ribu. Menarik, bukan?
Jadwal acara selengkapnya.


Post a Comment

1 comment:

  1. Menarik acaranya, sampai sampai mpo mau ikutan.

    Belajar Investasi itu penting karena biarkan uang yang bekerja.

    ReplyDelete

Akhir Pekan Berbeda, Belajar Investasi dalam Balutan Musik dan Seni

Ilustrasi dari halofina.id. Bingung akhir pekan mau ke mana? Sudah punya rencana, tetapi ingin sesuatu yang berbeda? Bagaimana kalau ber...