(pada mulanya adalah KATA...)

Friday, August 24, 2018

Mengintip Cara JNE Mengirim Motor ke Luar Negeri

Salah satu jenis motor balap yang dikirim JNE ke luar negeri/dokpri
Saat ini proses pengiriman barang dari dan ke luar negeri tak lagi sulit. Apalagi dengan kehadiran layanan International Shipment dari JNE. Sebagai perusahaan pengiriman terkemuka di tanah air, keandalan JNE sudah terbukti. Tidak hanya dalam negeri, kecepatan dan kemudahan pengirman barang juga terjadi ke seluruh dunia. Perusahaan bernama lengkap Tiki Jalur Nugraha Ekakurir pun memberikan pelayanan terbaik untuk mendapatkan kepuasan paripurna.


JNE sudah berdiri sejak 1990 silam. Selama lebih dari satu dekade, perusahaan ini berkiprah dalam melayani kebutuhan pengiriman dan logistik. Dari Jakarta, perusahaan ini telah melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru tanah air, bahkan kini telah menjangkau berbagai belahan dunia.

Segala jenis barang pun siap diantarpulau dan diantarnegarakan oleh JNE. Tak terkecuali sepeda motor baik untuk keperluan sehari-hari maupun keperluan kompetisi. Berkaca pada pengalaman panjang di bidang penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaran lintas negara, bukan hal sulit bagi JNE untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam memobilisasi kendaraan.

Pengalaman tersebut semakin diperkuat dengan jaringan luas di dunia internasional. Hal ini ditandai dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir sejumlah negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hong Kong. Dari situ JNE kemudian melebarkan sayapnya ke seluruh dunia.

Sesuai dengan visinya menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia, JNE pun mengejawantahkannya secara nyata dalam aktivitas pengiriman dan distribusi lintas negara. JNE akan memberikan pelayanan paripurna, mulai dari pengepakan, pengurusan dokumen penting, hingga memastikan barang tersebut sampai ke tujuan.
 
JNE memastikan pengiriman motor ke luar negeri aman/www.naikmotor.com
Tentu tidak mudah melakukan distribusi barang dalam ukuran besar seperti sepeda motor. Namun dengan segala pengalamannya, JNE mampu melakukan itu. Dari pihak pelanggan, JNE hanya memungut imbalan berupa biaya  packing dan biaya tambahan fumigasi. Angkanya mencapai Rp650.000 per kiriman per CBM.

Sebagaimana tertera di laman resminya, jlc.jne.co.id, terdapat ketentuan untuk biaya packing. Untuk berat kiriman maupun volumetric dengan berat hingga 50 kg dikenakan biaya packing sebesar Rp 200.000. Untuk barang dengan berat 50 kg hingga 100 kg biaya yang dibebankan sebesar Rp 500.000.

Jumlah tersebut akan bertambah menjadi Rp 700.000 bila berat barang antara 100 kg hingga 150 kg. Sementara itu untuk kiriman dengan berat di atas 150 kg akan dikenakan biaya packing yang dihitung secara khusus.



Nominal tersebut tentu bisa dipahami mengingat aktivitas pengiriman ini tidaklah mudah. Apalagi bila dilakukan menggunakan pesawat terbang dengan segala kerumitannya. Namun demikian JNE selalu memastikan pengiriman tersebut berlangsung aman, cepat dan mendatangkan kepuasan.

Tidak hanya biaya pengiriman yang patut diingat, ada hal lain terkait urusan dokumen dan administrasi. Mengingat aktivitas ini bersifat lintas negara maka ada hal-hal yang terkait urusan kepabeanan. Pihak pengirim misalnya harus mengisi “commercial invoice” yang diisi menggunakan Bahasa Inggris. Di sana pengirim harus memberikan informasi secara jelas dan rinci terkait harga dan jumlah barang.
JNE mengirim sepeda motor ke luar negeri/foto dari www.naikmotor.com
Selain itu ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi. Pertama, pengiriman non dokumen biaya kirim belum termasuk “duty and tax” di negara tujuan. Biaya ini bisa dibebankan ke pihak penerima atau pihak pengirim dengan diinformasikan sebelumnya oleh Customer Service JNE.
Kedua, penulisan alamat harus mencantumkan kode pos dan nomor telepon penerima berikut alamat email.

Ketiga, pengiriman non dokumen berupa cairan atau bubuk harus menyertakan MSDS (Material Safety Data Sheet). Karena itu dibutuhkan penambahan waktu pengiriman dari perkiraan yang berlaku karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Hal lain yang tak kalah penting adalah pengiriman dokumen dengan berat lebih dari dua kg akan masuk dalam kategori paket.

Nah terkait pengiriman kendaraan bermotor, selain beberapa hal di atas, JNE juga akan terlibat langsung dalam mengurus beberapa dokumen terkait kepabeanan dan keimigrasian. Dengan demikian para pelanggan mendapatkan kemudahan. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang membuat JNE menjadi pilihan pertama dalam pengiriman barang, terutama sepeda motor, ke luar negeri.




No comments:

Post a Comment

Sudah Berapa Pohon yang Kau Tanam dan Pelihara, Kawan?

Foto Agung Han Sudah berapa pohon yang kita tanam dan pelihara? Masing-masing orang tentu punya pengalaman beragam dengan pepohonan. Ada...