(pada mulanya adalah KATA...)

Wednesday, February 6, 2019

Resolusi Punya Properti dan Sederet Alasan Mengapa Harus ke Indonesia Properti Expo 2019


Gambar dari http://jadwalevent.web.id
Memiliki properti, entah rumah atau apartemen, adalah impian setiap orang. Tidak terkecuali saya. Sejak beberapa tahun merantau di ibu kota Jakarta, memiliki rumah pribadi khususnya, masih menjadi cita-cita. Tentu tidak mudah untuk memiliki rumah impian saat ini. Harga jual yang terus meningkat dari waktu ke waktu menjadi alasan utama. Apalagi bila menyasar lokasi-lokasi strategis. Harga jual tentu melambung tinggi.

Dalam situasi seperti ini dituntut kemampuan dan perhitungan finansial yang kuat. Selain menabung ada banyak cara yang bisa ditempuh. Semua tergantung pada masing-masing pribadi. Saya berprinsip demikian: bila kita berusaha maka niscaya akan berhasil. Prinsip ini sejalan dengan kutipan dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Bunyinya, “man jadda wajada.” Artinya, “barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil.”

Pernyataan di atas sudah sering kita dengar. Dalam bahasa Inggris disebut where there is a will there is a way. Meski begitu tidak semua orang sadar dan mampu menjalani prinsip tersebut.

Sekalipun tidak mudah mendapatkan properti saat ini, tentu tidak berarti tidak bisa sama sekali. Bila harga jual terus meningkat, maka terus menunda mendapatkannya adalah pilihan yang kurang tepat. Dengan kata lain, bila bukan sekarang kapan lagi. Apalagi bila kita sudah memiliki rezeki yang cukup sudah saatnya kita mendapatkan rumah atau apartemen impian. Selain untuk ditempati, kita bisa menginvestasikannya dengan nilai jual yang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Ditambah lagi, saat ini tersedia beragam skema pembelian. Selain “cash keras”, tersedia pula pilihan melalui jalur kredit. Hal yang disebutkan terakhir ini menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki urmah atau apartemen tetapi belum memiliki cukup uang. Kita bisa memanfaatkan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dengan cicilan dan jangka waktu pelunasan yang tidak memberatkan.

Bagaimana mendapatkan informasi memadai tentang hal-hal tersebut? Saat ini sedang berlangsung Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019. Ini merupakan pameran properti tahunan terbesar di tanah air. Saat ini sedang berlangsung di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini berlangsung selama 9 hari sejak 2 Februari hingga 9 Februari 2019.
Gambar dari inapex.co.id
Menyambut baik pameran tersebut, saya pun menjadwalkan kunjungan pada Minggu, 3 Februari 2019 lalu. Sejak pagi saya sudah berada di sana dan menghabiskan waktu separuh hari untuk mendapatkan informasi dan segala hal terkait properti. Sekembalinya dari sana saya mendapatkan banyak hal berguna. Untuk itu saya merekomendasikan anda untuk bertandang ke sana. Berikut beberapa alasan mengapa anda perlu ke IPEX 2019.

Ragam pilihan dari 200 pengembang dan 600 proyek rumah dan apartemen
Sebagai informasi awal, IPEX 2019 diselenggarakan PT. Adhouse Clarion Events dan didukung penuh oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk dan DPD REI DKI Jakarta. Acara ini mulai digelar sejak 1992. Setiap tahun rutin digelar sebanyak dua kali yakni di awal tahun dan menjelang akhir tahun. Durasi acara pun tak pernah kurang dari sembilan hari. Tahun ini akan digelar tiga kali yakni di bulan Februari, Juli dan November nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran ini membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan properti impian. Ia menjadi kesempatan untuk berkomunikasi, bersosialisasi dan berpromosi terkait produk property di Indonesia. Tidak lupa pula terkait jasa layanan pembiayaan perbankan seperti KPR dan KPA bagi para konsumen.

Nah, pada penyelenggaraan ke-35, tahun ini, Indonesia Properti Expo menghadirkan  200 pengembang dan 600 proyek rumah dan apartemen pilihan. Ratusan pengembang itu meliputi pengempang KPR non subsidi dan pengembang subsidi.

Usai mengayunkan langkah pertama melewati pintu masuk. pandangan mata pengunjung sudah langsung bertumbukkan dengan deretan stand atau booth. Hampir tidak ada ruang kosong yang tidak terisi aneka properti pameran. Para sales dan marketing dengan dandanan rapih sigap menyapa para pengunjung. Selain memberikan informasi kepada para tamu, mereka pun dengan cekatan membagi brosur kepada setiap orang yang melintas.
Pengunjung sedang mencari informasi/dokpri
Selain mendengarkan langsung penjelasan dari para sales, pengunjung pun bisa melihat maket properti yang ditata di sejumlah sisi. Untuk lebih meyakinkan, tidak sedikit developer yang memajang foto bangunan baik yang sudah jadi ataupun sedang dalam tahap pembangunan. Tak kalah kreatif ada yang memutarkan rekaman video terkait properti yang dijual.

Efisiensi waktu dan tenaga
Saya memanfaatkan kunjungan hari itu untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Hampir semua stand saya sambangi. Tujuan saya tentu untuk mendapatkan penawaran menarik dan lokasi strategis.

Tersedia ragam pilihan rumah dan apartemen yang tersebar tidak hanya di wilayah Jabodetabek, tetapi juga seluruh Indonesia. Semua itu tersaji di satu tempat. Jadi waktu kita bisa lebih efisien karena tidak harus bersusah-susah “ke sana kemari” mencari referensi.

Tenaga kita pun lebih hemat karena tidak harus bertandang ke lokasi, apalagi bila letaknya jauh dari tempat tinggal. Selain efisiensi waktu dan tenaga, akomodasi baik transportasi maupun komunikasi pun tidak terkuras. Bahkan kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pulsa karena semua informasi langsung didapat melalui komunikasi tatap muka.
Salah satu maket perumahan/dokpri
Tak seperti beli kucing dalam karung
Dari ratusan pengembang yang ambil bagian di Indonesia Properti Expo 2019 hampir pasti semuanya memiliki reputasi. Dengan kata lain, mereka bukan developer abal-abal dengan latar belakang yang meragukan. Bahkan beberapa dari antaranya sudah diakui keandalannya dalam bidang pengembangan properti.

Bila pengunjung masih kurang yakin, pameran seperti ini menjadi kesempatan terbaik untuk memastikan itu. Pengunjung bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, termasuk menggali informasi-informasi terkait setiap pengembang.
Antusiasme pengunjung yang tinggi/dokpri
Tidak hanya mendapatkan informasi langsung, pengunjung pun berkesempatan untuk membuat perbandingan antara satu developer dengan developer yang lain. Semua data tersaji selanjutnya pengunjung yang menentukan pilihan. Pengunjung bisa menuntaskan semua keraguan dan kecurigaan melalui tanya jawab mendalam sambil membuat perbandingan. Hal ini membantu pengunjung untuk menjatuhkan pilihan secara tepat sekaligus menghindari tindakan seperti membeli kucing dalam karung.

Penawaran menarik, DP 1 persen hingga cicilan Rp 800-an ribu
Indonesia Properti Expo menjadi kesempatan yang tepat untuk memburu hunian impian sesuai isi kantong. Tersedia ragam penawaran menarik mulai dari down payment (DP) hingga jangka waktu kredit yang tidak memberatkan konsumen.

PT Prima Tossa Perkasa misalnya, menawarkan uang muka Rp 1,5 juta untuk rumah tippet 22/60 di Tambun Utara, bekasi. Tidak hanya itu. Jangka waktu kredit pun hingga 20 tahun dengan cicilan per bulan sekitar Rp 900.000.

Gambar rumahdijual.com
Ingin mendapatkan cicilan yang lebih murah? Ada. Dengan uang muka Rp 1,4 juta dan cicilan Rp 869.300 untuk tenor 25 tahun, kita bisa mendapatkan satu unit rumah subsidi tipe 30.60 di Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Tidak sedikit developer yang menawarkan uang muka hingga satu persen. Tidak hanya itu, suku bunga KPR pun lebih kecil dari bunga normal.

Ragam promo menarik
Selain DP dan cicilan yang murah, tidak sedikit developer yang memberikan aneka promosi. Ada yang membebaskan biaya provisi, bebas biaya administrasi, bebas biaya pengendapan dana, hingga diskon asuransi jiwa sebesar 20 persen.

Tidak sampai di situ. Di Indonesia Properti Expo kita bisa mendapatkan kepastian terkait proses pengurusan adimistari. Bila kita mengajukan pembelian rumah maka menanti lama persetujuan persyaratan dan dokuman yang diajukan. Bahkan bila kita membawa serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan proses pengajuan KPR misalnya bisa ditempuh dalam waktu satu hari.

Menambah wawasan bagi kaum milenial
Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menggiurkan dengan jaminan keuntungan yang tak sedikit. Bagi kaum muda yang tertarik mengetahui dunia yang satu ini, IPEX adalah salah satu ruang belajar terbaik.

Di sana kita mendapat berbagai informasi seputar dunia bisnis dan properti. Tidak hanya membawa pulang wawasan, kaum muda pun bisa mengambil keputusan untuk mulai berinvestasi. Tidak sedikit developer yang memberikan promo menarik. Bila masih ragu-ragu, informasi, brosur hingga nomor kontak yang didapat selama pameran bisa digunakan saat keputusan telah mantap diambil.

Aneka keseruan: live musik hingga talkshow
Suasana IPEX semakin berwarna dengan kehadiran berbagai acara. Di salah satu sudut terdapat panggung yang kerap digunakan untuk pertunjukan musik secara “live” hingga berbagai talkshow terkait properti, keuangan dan design.

Salah satu acara talkshow dihelat pada Minggu, 3 Februari siang. Menghadirkan Ilma Alaydrus dan Adelya, acara yang dihadiri dan diliput ratusan blogger dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) itu mengangkat tema “Dekor Rumah Ala Instagram”.  
Kiri ke kanan: Ani Berta (moderator), Ilma Alaydrus dan Adelya/Gita Siwi
Tidak hanya itu digelar pula talkshow fengshui dan atraksi barongsai. Tak ketinggalan berbagai perlombaan digelar. Para pengunjung bisa terlibat dalam lomba foto Instagram, lomba menggambar dan mewarnai tingkat anak-anak.

Tidak hanya orang tua dan orang dewasa yang dimanjakan, anak-anak pun bisa ikut terlibat. Mereka tidak hanya datang melihat pemeran tetapi juga bisa berkarya melalui berbagai perlombaan yang terbuka untuk kategori usia 4-6 tahun (kategori 1) dan usia 7-10 tahun (kategori 2).
https://inapex.co.id/ipex/
Membawa pulang mobil
Setiap pengunjung yang datang dianjurkan untuk melakukan registrasi di pintu masuk. Sekalipun acara ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis, dengan melakukan registrasi akan membuka peluang bagi peserta untuk mendapat hadiah menarik. Salah satunya adalah mendapatkan satu unit mobil Daihatsu Ayla.

Para pengunjung yang terdaftar akan diikutsertakan dalam undian untuk mendapatkan "doorprize" tersebut. Undian ini akan digelar pada akhir acara. Dengan bertandang ke Indonesia Properti Expo 2019, siapa tahu anda menjadi peserta beruntung yang membawa pulang satu unit mobil.
http://katalogpromosi.com
Akhirnya, IPEX 2019 adalah acara pameran yang wajib dikunjungi bagi siapa saja, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Selain memburu properti impian dengan aneka acara dan promo menarik, pameran tersebut pun menjadi kesempatan emas untuk belajar tentang investasi dan dunia properti. Apalagi bagi anda yang memiliki resolusi memiliki properti di tahun ini. Indonesia Properti Expo menanti anda!


Post a Comment

32 comments:

  1. Salah satu cara terbaik untuk nge-Boost penualan ya lewat Property EXPO. kalau disini juga kita sesekali adain property expo, dan hasilnya lumay6an lah untuk naikin rate penjualan rekan-rekan developer. Tentunya aturan dan persaingan yang sehat tetap harus terjaga, dengan di awasi sama REI/APERSI juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas, boleh tahu gimana dengan pangsa properti di Indonesia saat ini? Apakah masih dalam tren positif atau sedang lesu?

      Delete
  2. Enaknya dateng ke EXPO gini emang biar bisa banding-bandingin harga ya, biar gak ngecek harganya enak heheheh besok dateng ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mempermudah buat dapet informasi dan buat perbandingan. Mumpung masih ada waktu bisa mampir k JCC

      Delete
  3. Ya ampun ada lomba mewarnai jugaaa.. Seru.. Aku kalo datang kesana kayanya malah bingung deh karena pasti buanyak banget pilihan

    ReplyDelete
  4. Bagus nih sebagai investasi. Properti jadi hal wajib juga sebelum memutuskan untuk berumah tangga hehehe. biar aman terkendali hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Properti emang jadi salah satu sarana investasi juga sih

      Delete
  5. Properti itu investasi yang akan terus naik harganya. Kalau dateng pas pameran bisa nyari rumah yang sesuai dengan keinginan dan bisa membanding harag ayang sesuai dengan kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kita disuguhkan banyak pilihan selanjutnya kita bisa memutuskan mana yang cocok dengan selera dan kebutuhan serta pas dengan isi kantong

      Delete
  6. Wah masuk banget itu yang DP 1,4jt dan angsuran 800an ribu. Penting nih biar pede kalo ditanyain calon mertua ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk segera dapatkan mumpung event ini masih berlangsung lho

      Delete
  7. Siapa pun sepertinya ingin punya properti ya. Seandainya jakarta dekat, aku pasti akan hadir di acaranya buat belajar investasi properti dan tetek bengeknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sih untung banget ya tinggal di jakarta dan sekitarnya ya apakah di kota mba sendiri ada pameran serupa?

      Delete
  8. Iya ya
    Harus mencicil properti mulai sekarang. Harganya makin lama makin naik. Dan nanti harga jualnya juga akan lebih mahal sih

    Ini lagi ngumpulin duitnya dulu hehe

    ReplyDelete
  9. Wah keren datang pameran aja bisa berkesempatan menang daihatsu, aku juga ingin punya properti

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini aku belum ada properti, tapi sudah kepikiran buat inves. Nabung dulu kali ya karena masih single ini. Sesuaiin nanti mau stay di mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung belum banyak tanggungan bisa mulai nabung buat investasi

      Delete
  11. Wah baru baca, sampai besok doang ya? Aku lagi nyari rumah di depok padahal. Bakal adalagi kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini bakal ada 3 kali, berikutnya pada Juli mba

      Delete
  12. Ke pameran properti kaya gini, pasti puas cari hunian sesuai kantong dan kemampuan kita. Pilihan banyak dan beragam, lokasi juga tinggal pilih.... cus deh melipir ke sana besok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membantu banget ada acara kayak gini banyak hal terbantu bagi para konsumen

      Delete
  13. Kesempatan bagus bagi keluarga muda dan siapa saja yang ingin menambah aset.
    Apalagi properti adalah invest yang gak akan pernah rugi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba properti jadi salah satu sarana investasi yang menguntungkan

      Delete
  14. Keren lha kalau semua pengembang di pamerann ini merupakjan pengembang yg terpecaya, soalnya aku ada pengalaman buruk ma developer hehe.
    Kesempatan bagus nih buat yg blm ada rumah utk segera beli rumah ya, kalau pameran kan suka promo2 gtu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba memang kadang sebelum ambil keputusan harus tahu dan kenal betul sama pengembangnya

      Delete
  15. Salah ambil keputusan menyesal bisa bertahun2 apalagi kalau nyicil dengan tenor yang cukup panjang

    ReplyDelete
  16. aku juga sudah datang ke sana. Konsep expo'a memang beda dari yang lain. Kalau mau baca pengalaman aku seperti apa, bisa blog walking ke blog aku yaa*

    ReplyDelete

Resolusi Punya Properti dan Sederet Alasan Mengapa Harus ke Indonesia Properti Expo 2019

Gambar dari http://jadwalevent.web.id Memiliki properti, entah rumah atau apartemen, adalah impian setiap orang. Tidak terkecuali saya...