Laptop Bisnis HP dan Cara Mudah Tingkatkan Produktivitas Kerja

Ilustrasi laptop HP Dragonfly G4: foto Istimewa

Untuk keperluan kerja, apa laptop bisnis pilihan Anda? Apakah Anda juga sudah menjadikan HP Dragonfly G4 sebagai teman kerja?

Sebagai seorang pekerja kantoran cum blogger, banyak aspek yang dipertimbangkan agar setiap pekerjaan itu benar-benar mencapai titik produktivitas tertinggi.

Selama masa pandemi yang baru saja lewat, bekerja dari rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga sebaliknya.

Banyak tantangan yang dihadapi saat itu, mulai dari kenyamanan rumah, gangguan dari anggota keluarga, keandalan perangkat hingga ketersediaan dan kestabilan jaringan internet.

Beruntung memang, sejumlah tantangan itu berhasil dilewati. Dari sana saya banyak belajar bagaimana bersiasat di setiap kesulitan, termasuk ketika masa pegeblug sudah lewat sementara tugas dan tanggung jawab datang serasa silih berganti.

Agar bisa produktif, terutama saat berada di rumah butuh upaya tersendiri. Berikut beberapa tip yang sudah saya terapkan dan masih saya jaga hingga saat ini.

Ruang kerja ideal

Bisa bekerja dengan nyaman butuh ruang kerja yang nyaman pula. Memiliki ruang kerja khusus adalah sebuah cita-cita, bahkan kebutuhan tak terhindarkan.

Memang tidak semua orang memiliki cukup ruang untuk menjadikannya ruang kerja. Selama masih bisa diakali, bisa mencari tempat di salah satu sisi rumah dan mengubahnya menjadi ruang kerja khusus.

Tujuannya adalah mencoba menjauh dari berbagai gangguan dan memungkinkan kita mendapat fokus pada setiap pekerjaan. Selain itu, memisahkan urusan rumah tangga atau personal dari urusan profesional.
Ilustrasi ruang kerja di rumah: foto Istimewa


Skala prioritas

Bila diingat-ingat sekilas, akan muncul banyak hal dalam benak untuk disebut. Begitu juga ketika diminta untuk mengurutkan apa yang ingin dan harus dikerjakan saban hari.

Terbatasnya waktu kerja atau bahkan waktu alami di satu sisi, sedangkan banyak hal mengemuka menuntut kita untuk membuat skala prioritas. Setiap hal itu ditempatkan sesuai tingkat kepentingannya, mulai dari yang paling penting hingga kurang penting.

Menempatkan sesuatu pada urutan kepentingan tertentu akan sangat membantu kita menjaga konsentrasi dan tidak berdampak pada kesehatan mental.

Cara sederhana yang biasa saya buat adalah sejak malam sebelumnya membuat daftar pekerjaan yang akan dikerjakan pada hari berikutnya. Masing-masing ditempatkan sesuai urutan kepentingan.

Tidak lupa untuk menempatkannya sesuai waktu yang dianggap produktif untuk mengerjakannya. Pekerjaan yang menuntut konsentrasi lebih bisa ditempatkan pada waktu produktif itu.

Oh ya, sekalipun segala sesuatu sudah diatur sedemikian rupa dan setiap waktu seperti tidak ingin terbuang sia-sia, tetap penting untuk menyisipkan waktu istirahat dan makan. Tanpa itu, pekerjaan lain justru bisa terganggu, malah tidak akan mencapai titik optimal.

Selain prioritas kerja yang rapih, perlu menempatkannya secara sehat. Waktu sungguh terbatas. Tetapi tidak berarti tidak bisa memberikan batasan, bukan?

Ya, jangan sampai waktu yang tersedia hanya diarahkan untuk jenis pekerjaan tertentu atau didedikasikan untuk urusan pekerjaan semata.

Baiklah untuk selalu mengingat di samping pekerjaan masih ada keluarga, tempan, bahkan diri sendiri.

Perlu menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Jangan sampai mudah terjebak dalam kenyamanan tertentu, entah urusan kantor atau personal.

Bila sudah sampai waktunya untuk mengakhiri pekerjaan maka perlu dihargai. Perlu ada garis finis yang dibuat setiap hari. Jangan sampai terlalu memaksakan diri bekerja terlalu keras dan tanpa henti sampai kehilangan tenaga.

Saat bekerja di kantor, perlu untuk memberi batas dan tahu kapan waktunya pulang. Begitu juga di rumah.

Saat bekerja di rumah tidak ada pengingat kolektif seperti saat bekerja di kantor (orang berkemas dan bersiap pulang di waktu yang hampir bersamaan). Penting menentukan batasan jam kerja sehingga bisa berbagi dengan keperluan lain.

Perangkat memadai

Selain sejumlah faktor di atas, elemen penting lainnya untuk memompa produktivitas adalah perangkat kerja memadai.

Komunikasi dan kelengkapan kerja sangat krusial. Entah bekerja di kantor atau dirumah, menuntut alat yang memadai baik untuk mengerjakan pekerjaan, maupun terlibat panggilan video dan audio agar tetap terhibung satu sama lain.

Keyboard, mouse, adaptor, monitor, mikrofon, juga headphone. Tak terkecuali laptop untuk pekerjaan yang efisien dan produktif.

Ilustrasi bekerja dari mana saja dengan nyaman: foto Istimewa

HP Dragonfly G4

Salah satu rekomendasi laptop untuk pekerjaan adalah HP Dragonfly G4. Perangkat kerja ini sungguh bisa diandalkan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja.

Kombinasi dan keseimbangan tenaga dan mobilitas ideal dengan fitur mutakhir nan cerdas jelas akan menghadirkan kenyamanan tersendiri.

Laptop bisnis HP ini dilengkapi Windows 11 Pro13 dengan dapur pacu Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-138.

Layar dengan rasio aspek 3:2 dan opsi layer sentuh dan OLED. Memori hingga 32 GB.

Ilustrasi HP Dragonfly G4 super tipis: foto Istimewa

Tak kalah memukau, laptop ini memang diciptakan untuk memudahkan mobilitas tanpa hambatan. Tampilan elegan, isi dalam jempolan, dan bobot ultra ringan.

Ketebalannnya 1,6 cm dan berbobot kurang dari 1 kg. Jelas, laptop HP Dragonfly G4 yang satu ini bisa dibawa ke mana saja dengan begitu nyaman dan enteng.

Comments

Popular posts from this blog

Menjaga Rantai Juara Indonesia di Singapura Open SS 2016

Menanti Intervensi Pemerintah untuk Anak dengan Penyakit Langka

Menulis Terus Sampai Jauh...