Liverpool vs Napoli: Momen Pembalasan The Reds dan Pembuktian Klopp

Jurge Klopp memberikan instruksi kepada para pemain Liverpool saat menghadapi Ajax, (13/9/2022): AFP/LINDSEY PARNABY

Pertandingan matchday terakhir penyisihan Grup A Liga Champions 2022/2023 akan mempertemukan Liverpool kontra Napoli. Duel ini akan digelar di Stadion Anfield, Rabu (2/11/2022) dini hari WIB.

Ini menjadi kesempatan bagi kedua tim untuk mengunci status juara grup. Saat ini, Napoli memuncaki klasemen dengan 15 poin, hasil sempurna dari lima laga. Liverpool membuntuti di peringkat kedua dengan selisih tiga poin.

Posisi keduanya sudah tak mungkin dijekar Ajax Amsterdam dan Rangers. Ajax baru mengemas tiga angka. Sementara Rangers belum juga mendapat poin dari lima laga yang sudah dijalani.

Namun, kedua tim memiliki kesempatan untuk merebut tiga poin terakhir dengan mendapat tiket ke Liga Europa.

Liverpool menghadapi laga kandang ini dengan target tertentu. Tidak hanya sekadar mendapat poin sempurna terakhir di fase grup.

Lebih dari itu, ini menjadi kesempatan bagi Si Merah untuk menebus kegagalan di pertemuan sebelumnya. Saat itu, The Reds takluk 1-4 di kandang Napoli.

Bila ingin mendapat bonus keluar sebagai juara grup serentak menodai rekor sempurna Partenopei, maka Liverpool harus menang dengan selisih tiga gol atau lebih.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pun menghadapi tekanan tersendiri. Di tengah penampilan tim yang tidak konsisten sejak awal musim, pertandingan ini menjadi pembuktian dari pelatih asal Jerman itu bahwa dirinya masih pantas mendapat dukungan.

Pekan lalu mereka meraih hasil maksimal dengan mengalahkan Ajax di Amsterdam tiga gol tanpa balas. Sayangnya, saat menjamu Leeds United akhir pekan kemarin justru berakhir dengan kekalahan 1-2.

Itu adalah kekalahan pertama bagi Virgil Van Dijk di hadapan pendukungnya sejak ia bergabung dengan klub kota pelabuhan itu pada Januari 2018. Sulit membayangkan, Liverpool takluk dari tim promosi di hadapan para pendukung sendiri yang memadati Anfield.

Penting bagi Liverpool berjuang demi puncak grup. Sebab, dengan cara itu mereka bisa menghindari pertemuan dengan tim-tim yang tampil meyakinkan di fase grup dan memiliki rekam jejak lebih meyakinkan sejak awal musim seperti Real Madrid, Bayern Muenchen, hingga Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, untuk mengalahkan Napoli, Liverpool harus bekerja ekstra keras. Mereka harus bisa menemukan strategi yang tepat untuk menghadapi tim yang belum terkalahkan sepanjang musim ini di berbagai kompetisi.

Napoli, pemuncak klasemen Serie A sekaligus tim paling produktif di Liga Champions adalah ujian bagi Liverpool dan Klopp untuk menghadapi persaingan musim ini.

Tanpa Luis Diaz, Diogo Jota, Joel Matip, dan Arthur yang dibekap cedera panjang, sementara Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain tidak dimasukan dalam daftar skuad karena masih mengalami cedera, membuat Klopp harus bisa mengangkat kepercayaan diri para pemain lain untuk tampil “all out.”

Di sisi lain, target kemenangan kali ini harus disiasati sedemikian cermat dengan tanpa mengorbankan para pemain penting. Sebab, Tottenham Hotspur sudah menanti mereka akhir pekan ini.

Bukan tidak mungkin, Klopp akan melakukan sedikit perubahan dengan memberi tempat dan kepercayaan kepada James Milner, Jordan Henderson dan Ibrahima Konate untuk menggantikan Trent Alexander-Arnold, Fabinho dan Joe Gomez dalam “starting line-up.”

Di sisi Napoli, Luciano Spalletti tidak menyertakan Salvatore Sirigu dan Amir Rrahmani yang tengah mengalami masalah otot. Matteo Politano harus diwanti-wanti kalau memang masih diizinkan tampil agar jangan sampai mendapat satu kartu kuning lagi yang berarti akan kehilangan pertandingan krusial di fase “knock out” nanti.

Giovanni Simeone yang mencetak brace ke gawang Rangers akan menjadi ujung tombak. Victor Osimhen yang mencetak tiga gol ke gawang Sassuolo akhir pekan lalu kemungkinan tidak akan dipaksa untuk mengatasi cedera sehingga Simeone akan mendapat tanggung jawab ekstra.

Mampukah Simeone menemukan celah di lini pertahanan Liverpool dan memanfaatkannya untuk mencetak gol?

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim:

08-09-2022 Napoli 4-1 Liverpool (UCL)

28-11-2019 Liverpool 1-1 Napoli (UCL)

18-09-2019 Napoli 2-0 Liverpool (UCL)

12-12-2018 Liverpool 1-0 Napoli (UCL)

04-10-2018 Napoli 1-0 Liverpool (UCL)

5 Pertandingan Terakhir Liverpool:

16-10-22 Liverpool 1-0 City (EPL)

20-10-22 Liverpool 1-0 West Ham (EPL)

22-10-22 Forest 1-0 Liverpool (EPL)

27-10-22 Ajax 0-3 Liverpool (UCL)

30-10-22 Liverpool 1-2 Leeds (EPL)

5 Pertandingan Terakhir Napoli:

12-10-22 Napoli 4-2 Ajax (UCL)

16-10-22 Napoli 3-2 Bologna (Serie A)

24-10-22 Roma 0-1 Napoli (Serie A)

27-10-22 Napoli 3-0 Rangers (UCL)

29-10-22 Napoli 4-0 Sassuolo (Serie A)

Perkiraan susunan pemain Kedua Tim:

Liverpool: Alisson Becker; James Milner, Konate, Virgil Van Dijk, Tsimikas; Elliott, Jordan Henderson, Jones; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Carvalho

Pelatih: Jurgen Klopp Napoli: Meret; Di Lorenzo, Ostigard, Kim, Rui; Ndombele, Lobotka, Elmas; Lozano, Simeone, Raspadori

Pelatih: Luciano Spalletti


Sumber: Sportsmole.co.ukd

Comments

Popular posts from this blog

Menanti Intervensi Pemerintah untuk Anak dengan Penyakit Langka

Dari Namirah, Sarwendah, Olivia Jensen Hingga Alice Norin Jatuh Hati Pada All New Sienta

Menulis Terus Sampai Jauh...