“Perceraian” Praveen/Debby dan Angga/Ricky, Berkah atau Petaka?

Praveen Jordan dan Debby Susanto/Kompas.com
Berkat atau petaka. Dua kata ini bisa saja berlebihan. Terlalu hiperbolis. Namun dalam konteks ini pemilihan kata tersebut semata-mata untuk menyambut langkah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) “menceraikan” dua pasangan ganda yakni Praveen Jordan-Debby Susanto serta Angga Pratama-Ricky Karanda Suwardi. 

Pemisahan kedua pasangan itu menjadi pilihan krusial mengacu pada performa mereka, terutama dalam setahun terakhir. Angga dan Ricky sejak berpasangan pada November 2014 hanya mampu mendulang satu gelar yakni Singapore Open 2015. Performa pasangan yang digadang-gadang sebagai penerus kejayaan Mohammad Ahsan dan Hendra Setawan itu justru disalip Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya. Saat ini posisi kedua pasangan ganda putra itu terbalik. The Minions, julukan Marcus dan Kevin memuncaki rangking BWF, sementara Angga dan Ricky terus bergerak ke arah sebaliknya.

Situasi serupa terjadi pada Praveen dan Debby. Pasangan ini sempat membanggakan Indonesia saat meraih gelar All England 2016. Ternyata gelar Korea Open 2017 menjadi yang terakhir. Setelah itu, alih-alih menjadi pelapis, apalagi mengambil peran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, penampilan pasangan itu justru jauh dari harapan.

Hong Kong Open 2016 menjadi satu-satunya kesempatan yang membuat asa ganda campuran Indonesia membuncah tatkala kedua pasangan itu beradu di partai final. Fajar harapan kembalinya era keemasan ganda campuran Indonesia seperti rentang 2004 hingga 2008 seakan merekah. Saat itu Indonesia memiliki dua pasangan tangguh yang saling mengisi, Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Flandy Limpele/Vita Marissa. Ternyata asa tersebut menguap tak lama berselang. Setelah itu performa Praveen/Debby tak menentu. Owi/Butet pun harus memikul tumpuan sendirian.

Pemisahan kedua pasangan ini menjadi langkah positif sekaligus antisipatif demi masa depan sektor ganda putra dan ganda campuran Indonesia. Angga Pratama akan kembali berpasangan dengan Rian Agung Saputro, meski sejatinya performanya bersama Mohammad Ahsan terus menanjak. Ricky Karanda akan beralih ke ganda campuran bertandem dengan Debby Susanto. Sementara Praveen akan berpasangan dengan Melati Daeva Oktavianti.

Reuni Angga dan Rian diharapkan mampu mendongkrak performa mereka. Begitu juga peruntungan di ganda campuran. Lebih dari itu, rotasi di sektor ganda campuran tidak lain untuk mendapatkan pelapis baru Owi/Butet. Butet mulai dirongrong cedera karena usia sehingga tak bisa terus dipaksa dan dijadikan tumpuan.

Dalam hitungan bulan, Asian Games 2018 akan menjelang. Indonesia jelas tidak ingin kehilangan muka di event antarnegara Asia itu bila aral tiba-tiba menerjang Owi dan Butet. Meski sedikit terlambat, rotasi ini menjadi langkah antisipatif, tidak hanya untuk Asian Games semata. Lebih jauh dari itu sebagai bagian dari regenerasi. Seperti cedera, tidak ada yang bisa mengelak bila Debby tiba-tiba memilih mundur, sinyal yang sudah berkedip beberapa kali. Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja tumpuan baru yang baru berpasangan sejak Oktober ini jelas tidak bisa mengambil alih bila sejumlah ketakterdugaan itu seketika mengemuka.
Angga Pratama dan Ricky Karanda/Kompas.com
Bukan hal baru

Bila Angga kembali pada Rian, bagaimana nasib Ahsan? Pertanyaan ini tak sulit dijawab bila kita mengikuti perkembangan Kejuaraan Nasional 2017. Event yang belum lama usai itu telah mempertemukan kembali Ahsan dan Hendra Setiawan. Tak sukar bagi keduanya untuk mendapatkan kembali “chemistry” yang membuat mereka berjaya. Pasangan kawakan ini menjadi juara di ajang itu. Bisa jadi mereka akan terus bersama setidaknya hingga Piala Thomas dan Asian Games tahun depan.

Tak hanya Ahsan dan Hendra, badai reuni juga menerjang bulu tangkis internasional belakangan ini. Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Seong asal Korea Selatan bersatu lagi. Malaysia malah mempertemukan kembali beberapa pasangan senior sekaligus. Tandem Hendra Setiawan, Tan Wee Kiong kembali berpasangan dengan Goh V Shem. Selain peraih perak Olimpiade Rio, sebelum itu Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying lebih dulu bersatu.

Kembali mentandemkan beberapa pasangan sekaligus, apakah Malaysia kehabisan harapan? Proses regenerasi mereka tak berjalan? Entahlah. Yang pasti, Malaysia ingin meraih medali di Asian Games tahun depan. Selain itu reuni dan bongkar pasang pemain bukan sesuatu yang asing di jagad tepok bulu.

China menjadi negara yang paling agresif melakukan bongkar pasang pemain. Angga dan Ricky bila berada di kubu China tentu sudah lama “bercerai.” Negeri Tirai Bambu itu cukup sigap dan berani mengambil tindakan bagi pemain dan pasangan dengan grafik penampilan tak meyakinkan.
Saat ini China menghadirkan sejumlah pasangan baru hasil bongkar pasang. Menariknya China berani mengkombinasikan pemain dari generasi berbeda. Di sektor ganda putra, Zhang Nan telah berpasangan dengan Liu Xuanxuan. Kombinasi senior dan junior itu berhasil melangkah hingga perempat final China Super Series Premier 2017 sebelum dihentikan Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

Tahun lalu Zhang Nan mampu membawa Li Yunhui ke final ganda campuran China Open sebelum dikandaskan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Tak berapa lama kemudian Zhang Nan membiarkan Li Yunhui berjalan sendiri dengan pasangan muda lainnya, Du Yue yang sempat dipasangkan dengan pemain senior lainnya, Xu Chen.

China Open tahun ini menjadi potret keberhasilan sejumlah negara melakukan bongkar pasang dan keberanian memberikan tempat kepada pemain muda. Baik Zheng Siwei dan Huang Yaqiong maupun Mathias Christiansen dan Christinna Pedersen, juara dan runner-up adalah pasangan baru dari China dan Denmark. Zheng/Huang langsung mengawali kebersamaan dengan sangat baik setelah menjuarai Macau Grand Prix Gold pekan lalu sebelum mengukir sejarah di hadapan publik sendiri.

Sementara Christiansen/Pedersen adalah pasangan berbeda generasi yang baru saja dibentuk. Ini terobosan Denmark yang cukup ogah melakukan bongkar pasang. Bisa jadi karena para pemain mereka mampu menjaga konsistensi dan awet sebagai pasangan. Di lain pihak menjadi langkah baru guna mengantisipasi terbentuknya jurang antargenerasi seperti yang dialami Indonesia di nomor tunggal putri.
Cristinna yang telah berusia 31 tahun dipercaya menjadi mentor bagi Mathias Christiansen yang baru berusia 23 tahun. Pengalaman Christinna diharapkan bisa mengangkat juniornya lebih cepat. Tanda-tanda positif sudah terlihat. Keduanya memang gagal mencapai klimaks. Tetapi menginjak partai final turnamen bergengsi seperti ini menjadi hasil bagus yang belum tentu bisa diukir negara-negara lain, termasuk Indonesia. Keduanya bahkan menjungkalkan juara bertahan sekaligus harapan semata wayang Indonesia di ganda campuran, Tontowi dan Liliyana di babak perempat final.

Tidak hanya China dan Denmark, Korea Selatan bahkan sudah terbiasa melakukan bongkar pasang. Tahun lalu Lee So Hee dan Chang Ye Na menjuarai China Open mengalahkan wakil tuan rumah Huang Dongping/Li Yinhui. Kali ini Lee So Hee kembali menginjak partai final China Open bersama tandem berbeda yakni Kim Hye Rin.

Lee So Hee yang berparas cantik memiliki smash keras dan cerdas dalam bermain. Pemain berusia 23 tahun ini mampu menginjak final di tiga super series terakhir mulai dari Denmark dan Prancis. Ia menjadi salah satu bibit unggul di nomor ini sekaligus segelintir pemain Korea Selatan yang kini mencuri perhatian dunia. Kemampuan Korea Selatan mencetak pemain tidak secepat China, namun Negeri Ginseng pandai memaksimalkan potensi pemain dengan main rangkap dan bongkar pasang. Pada akhirnya terlihat kekuatan merata di semua lini. Mau dipasangkan dengan siapapun tetap kelihatan setara.

Menanti pembuktian

Setelah menanti akhirnya Indonesia mengambil langkah serupa China dan beberapa negara lainnya. Selain merayakan keberanian ini, kita pun menanti sejauh mana kinerja hasil racikan baru tersebut. Masih ada waktu beberapa pekan sebelum debut pertama mereka di Malaysia Grand Prix Gold pada pertengahan Januari tahun depan.


Sepanjang Januari hingga Februari 2018 menjadi momentum pembuktian kedua pasangan itu, di samping Hafiz dan Gloria. Selain di Malaysia, mereka juga akan diuji di Indonesia dan India Open. Saat itu kita akan melihat apakah “perceraian” Praveen dan Debby serta Angga dan Ricky  benar-benar membawa berkah ataukah sebaliknya. Bila bukan membawa pengaruh positf berarti kita masih harus menunda untuk mendapatkan pasangan baru yang lebih pas. Setidaknya PBSI telah berani mengambil sikap yang sudah biasa dilakukan China dan Korea Selatan dan ikut dalam pola pembinaan sebagaimana telah dipanen hasilnya oleh para raksasa itu.

Comments

  1. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi, dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Pemberi Pinjaman Yuliana Saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    hanya Whatsapp +1 (323) 4026088
     BBM PIN (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik dengan pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui
    BBM INVITE (E37F9BCC) atau via
      whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk informasi lebih lanjut
    (sarahadia234@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  4. Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya

    Bandar poker Terpercaya
    Dewacintaqq
    Daftar Dewacintaqq
    Link Dewacintaqq

    SITUS TOGEL ONLINE
    Situs Togel Hongkong
    Situs Togel Singapore
    agen poker idn terpercaya
    cunpoker
    poker online
    domino online
    situs judi online

    Bandar poker terpercaya
    Daftar Dominohalo
    Dominohalo
    Daftar Dominohalo
    Link Dominohalo
    http://45.76.123.180/?ref=Nisa93

    Bandar poker terpercaya
    Daftar Papadomino
    papadomino
    daftar papadomino
    link papadomino
    http://45.32.190.103/?ref=vivi293
    JUDI POKER
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    AGEN POKER ONLINE
    DOMINO ONLINE


    Bandar poker terpercaya
    Daftar Delimapoker
    Delimapoker
    Daftar Delimapoker
    Link Delimapoker
    Agen Poker
    Agen Domino
    Poker Online
    Daftar Poker
    Agen Terpercaya
    Judi Poker Indonesia

    http://45.76.112.124/?ref=nisa2122

    Bandar poker terpercaya
    Daftar twinpoker88
    Twinpoker88
    Daftar Twinpoker88
    Link Twinpoker88
    http://149.28.170.64/?ref=twinpoker21

    Poker Indonesia
    Poker Online Indonesia
    Agen Ceme Online
    Daftar Situs Poker
    Poker Online Uang Asli

    Poker Online Terpercaya
    Poker Online Uang Asli
    Poker Uang Asli
    Situs Poker Online
    Agen Poker
    Capsa Susun Online
    DewacintaQQ Situs Poker Online Indonesia
    Agen Judi Online seperti Poker Online
    Situs Judi Online Terpercaya
    bandar poker
    situs judi
    poker online
    ceme online
    bandar ceme
    situs poker
    bandar judi
    poker idn
    judi poker
    judi online
    agen judi
    bandar judi
    poker idn
    agen poker
    idn poker
    Situs Judi Poker Online
    DominoQQ IDN POKER
    bandarqq dan dominoqq terpercaya
    Agen judi kartu deposit uang asli pkv games
    Agen Poker Online Indonesia Terpercaya

    ReplyDelete
  5. Amazing unique article direct to the point. Trust me the way you interact is literally awesome I do respect that so much. I will instantly get your rss feed to stay informed of any updates you make and as well take the advantage to share some vital information regarding the
    Online 9mm Gun Shop which many are not yet informed of it advantages compared to the other Semi automatic guns shops. Not over demanding, I will also take the advantage to ask for your permission to join our 179.3k members TELEGRAM CHANNEL
    As to share with us your ideas or any latest update on your blog.
    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menjaga Rantai Juara Indonesia di Singapura Open SS 2016

Millennial Marzukiana, Strategi “Proxy War” Ananda Sukarlan untuk Bang Maing

Menulis Terus Sampai Jauh...